Ads Top

Petugas Damkar Kuningan sedang memadamkan api yang membakar sebuah sedan di Jalan Baru Bayuning, Kuningan, Senin (02/5)

KUNINGAN - Kebakaran satu unit mobil sedan terjadi pada Senin (02/5) siang di ruas Jalan Desa Bayuning - Cileuleuy, Kecamatan Kadugede. Peristiwa kebakaran ini terjadi sekira pukul 11:30 WIB dan berhasil dipadamkan petugas UPT Damkar Satpol PP Kuningan satu jam kemudian.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu. Pemilik kendaraan jenis Sedan  Civic Genio  dengan nomor polisi E 1473 YN, Dani Yusuf, yang merupakan warga Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, langsung mengeluarkan barang pribadi dan keluarganya yang ada di dalam mobil sebelum api membesar.


Diterangkan Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, M Khadafi Mufti, peristiwa kebakaran mobil ini bermula saat Dani (pemilik dan pengendara sedan) bersama keluarganya hendak menuju Desa Bayuning dari Desa Sukamukti.

Pemilik mobil sengaja memilih jalan alternatif yakni Jalan Baru Desa Bayuning. Namun, saat menuju turunan di Desa Bayuning ini, pemilik kendaraan mendengar suara ledakan kecil dari ruang mesin sebelah kiri.

Sesaat kemudian pemilik melihat asap yang masuk ke ruang kabin penumpang dan Ia memarkirkan mobilnya di pinggir jalan raya untuk mengecek apa yang terjadi.

" Saat membuka kap/penutup mesin bagian depan kendaraan, pemilik kendaraan mendapati asap semakin tebal keluar dari ruang mesin kendaraan," terang Khadafi.

Khawatir terjadi kebakaran, Ia pun mengeluarkan seluruh penumpang (anak isteri ) dan juga barang-barang milik pribadi.

"Karena situasi jalan sepi dan khawatir kebakaran kendaraan mobil merambat ke bangunan yang ada di sebelah kiri, pemilik kendaraan langsung melaporkan kejadian tersebut ke Kantor kami," paparnya.

Sebanyak 4 petugas dan 1 Randis langsung diterjunkan ke lokasi kebakaran. Sayangnya Randis Damkar sempat terhambat menuju lokasi akibat banyak kendaraan yang parkir tidak beraturan di sekitar pertigaan Kelurahan Sukamuly, sehingga petugas baru tiba di lokasi dua puluh menit sejak berangkat.


"Bersama-sama dengan pihak kepolisian sektor Kadugede sebanyak 3 personil, api berhasil dipadamkan pada pukul 12: 30 WIB, " terang Khadafi.

Dalam pengumpulan keterangan di lokasi, pihaknya menduga sumber api dari hubungan arus pendek listrik pada kabel audio yang bergesekan dengan kabel aki. 

"Kerugian materi akibat kebakaran mobil ini sekira Rp 50 juta," tutup Khadafi. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.