Ads Top

Argadika Terbentuk di Kabupaten Kuningan, Wartawan Suara Kuningan Terpilih Jadi Ketua

Pembentukan Argadika, sebagai wadah silaturahmi para alumni AIK - Fahutan Universitas Winaya Mukti di Kabupaten Kuningan, Kamis (26/5)

KUNINGAN - Sejumlah 50 alumni Akademi Ilmu Kehutanan (AIK) dan Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti (Unwim) yang berdomisili di Kabupaten Kuningan menghimpun diri dalam satu ikatan Alumni AIK - Fahutan Unwim (ARGADIKA).

Pembentukan kepengurusan Argadika Kabupaten Kuningan digelar di Obyek Wisata Woodland, Kecamatan Cilimus, Kamis (26/5).

Dalam pertemuan itu, terpilih Dany Andriawan,  jurnalis Media Online Suara Kuningan yang juga merupakan mahasiswa Fahutan Unwim angkatan 1992.

Selain Dany, dibentuk juga susunan kepengurusan Argadika ini sebagai Pelindung/Sesepuh, Dedi Supriadi, Dewan Pembina, Dedi Sumirat, Dewan Penasehat, Badrudin, Dewan Pakar, Ilham Adhya, Sekretaris, Nina Herlina dan Bendahara, Dini Christin.


Usai agenda pemilihan kepengurusan ini, Dany menyampaikan sambutan, bahwa dengan dibentuknya Argadika diharapkan menjadi ruang silaturahmi dan kekeluargaan sesama alumni.

"Semoga dengan silaturahmi sebagai ibadah dapat menjadikan luas rejeki dan memanjangkan umur serta mempererat keakraban," kata pria yang juga sebagai pengurus Gema Jabar Hejo (GJH) dan Aliansi Masyarakat Peduli Aliran Sungai (AMPAS) ini.

Menurutnya, sejak dibentuk ARGADIKA dan makin banyaknya alumni AIK / Fahutan Unwim yang tersebar di seluruh daerah maka secara bertahap dibentuk kepengurusan daerah tingkat provinsi.

Ternyata, sebaran alumni AIK – Fahutan Unwim di kabupaten/kota cukup banyak dibentuklah kepengurusan ARGADIKA di masing-masing kabupaten/kota.

"Dari data sementara masuk mencapai 50 orang alumni, baik yang berasal dari Kuningan maupun yang dari luar kota dan bertugas atau menetap di Kuningan," ujar Dany.

Pembentukan ARGADIKA ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh alumni AIK – Fahutan Unwim tidak terbatas kepada mereka yang berprofesi di bidang Kehutanan saja. 

Untuk diketahui, Ikatan Alumni Akademi Ilmu Kehutanan (AIK) Provinsi Jawa Barat terbentuk pertama kali pada tanggal 15 Mei 1997di Bogor dengan nama organisasi Ikatan Keluarga Alumni AIK Bogor Jakarta, berkedudukan di Bogor Jawa Barat.

Keanggotaannya adalah alumni AIK yang berdomisili di Wilayah Bogor dan Jakarta.

Kemudian disusul, dengan terbentuknya Ikatan Alumni AIK di Perhutani Unit III Jawa Barat dengan nama “Kalam”, di Perhutani II Jawa Tengah dengan nama “ Pakarena “, dan di Perhutani I Jawa Timur dengan nama “ PakarMukti “, serta terbentuk juga beberapa LSM di beberapa kota dengan anggota alumni AIK.


Pada pertemuan di Bogor, tanggal 28 Oktober 2001, pertama kali terbentuk Alumni Akademi Kehutanan dan Fakultas Kehutanan UNWIM, kemudian pada tanggal 28 Oktober 2008.

Pertemuan Pertama antara Alumni Akademi Kehutanan (AIK) dan Fakultas Kehutanan Universitas Winaya Mukti di Bandung terjadi kesepakatan penggabungan antara kedua alumni dan dengan dasar tekad dan keinginan untuk terus aktif berkiprah dalam kegiatan kehutanan di Indonesia.

Ikatan alumni ini akan terus berupaya untuk memperbaiki hubungan antara alumni dalam wadah organisasi yang formal, maka terbentuklah Ikatan Keluarga Alumni AIK – Fahutan UNWIM berkedudukan di Bandung dengan nama ARGADIKA. 

Kemudian, pada Silaturahmi Nasional I ARGADIKA tanggal 29 Januari 2011, di Bogor ditetapkan dan disyahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Organisasi ini. 

Wadah organisasi Alumni ini bersifat kekeluargaan dan merupakan Organisasi Rimbawan yang akan tetap berperan aktif dalam proses pembangunan nasional khususnya pembangunan kehutanan, serta akan terus berpartisipasi menyumbangkan dharma baktinya dengan mengamalkan pengetahuan dan pengalamannya dalam wujud pemikiran, saran-saran, langkah-langkah serta program kegiatan yang nyata.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.