Ads Top

DKI Jakarta dan Solo Sudah Mulai Gelar Car Free Day, Bagaimana dengan Kuningan?

Suasana Car Free Day di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan, Dua Tahun yang Lalu 

KUNINGAN - Paska adanya kelonggaran kepada masyarakat untuk bisa melepas masker yang dinyatakan Presiden Joko Widodo, Pemprov DKI Jakarta sudah mulai membuka kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day pada Ahad (22/5) kemarin. Demikian pula dengan yang dilakukan di Kota Solo, Jawa Tengah pada Ahad (15/5) lalu
Kedua kota ini kembali menggelar pelaksanaan CFD dengan berbagai pembatasan karena Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya dinyatakan selesai.

Di Kabupaten Kuningan, CFD yang biasa dilaksanakan setiap Hari Ahad, sudah lebih dua tahun tidak dilaksanakan. Penghentian sementara kegiatan CFD di Kuningan menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor: HK.02 02/Menkes/56/2020 perihal menindaklanjuti WHO yang telah menetapkan status Virus Covid-19 sebagai darurat kesehatan global.
Bupati Kuningan, Acep Purnama membuat edaran untuk menghentikan sementara agenda CFD untuk mencegah penularan Covid-19 karena kegiatan CFD berpotensi besar terjadinya kerumunan massa.
Setelah dua tahun berjalan, kondisi Pandemi Covid-19 melandai dan pemerintah pun telah melonggarkan beberapa kebijakan pengetatan kegiatan masyarakat.
Paska melandainya Pandemi, dan telah dilakukannya CFD di dua kota, mulai dua pekan ini, bagaimana bagaimana dengan Kuningan?
Saat dikonfirmasi awak media terkait rencana dibukanya kembali kegiatan CFD, pada Rabu (25/5), Bupati Kuningan, Acep Purnama menyebutkan pihaknya sudah memikirkan hal tersebut.
"Insya Allah sedang kita pertimbangkan (untuk kembali membuka kegiatan CFD) ini. Yah, satu atau dua pekan lagi lah," ungkapnya melalui sambungan seluler.
Meski pemerintah pusat sudah memberikan beberapa kelonggaran terkait kegiatan di masyarakat, namun Bupati Acep tetap meminta masyarakat membiasakan diri berperilaku hidup bersih sehat.
"Saya juga sudah terbiasa memakai masker jadi tak akan Saya lepas, jika berada di luar ruangan. Ya minimal bisa menghindari kita dari debu," ujarnya.
Untuk diketahui, kegiatan CFD di Kabupaten Kuningan merupakan kegiatan hari bebas kendaraan yang rutin digelar setiap Hari Ahad.
Kegiatan CFD ini dimulai pukul 06:00 WIB sampai dengan pukul 09:00 WIB pagi di sepanjang ruas Jalan Siliwangi (mulai Bundaran Cijoho hingga Perempatan Gotong Royong).

Warga Kuningan dari berbagai penjuru, memanfaatkan momen CFD ini untuk berolahraga, refreshing dan melakukan aktifitas lainnya bersama keluarga dan rekan terdekat.
Setelah selama dua tahun dihentikan, saat ini banyak warga Kuningan yang merindukan kegiatan CFD ini diadakan kembali. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.