Ads Top


KUNINGAN - Momentum liburan Idul Fitri biasanya dimanfaatkan oleh para pemudik untuk menikmati suasana kampung halaman bersama sanak keluarga. Pada hari kedua Lebaran ini, Selasa (3/5), tradisi hari kedua lebaran di Kabupaten Kuningan biasanya warga menghabiskan hari dengan bepergian keluar rumah.


Sebagian dari mereka bertujuan untuk melanjutkan silaturahmi dengan rekan-rekan terdekat, karena silaturahmi dengan keluarga sudah dilakukan di hari pertama.

Namun sebagian lainnya memilih dua aktifitas diluar rumah untuk menikmati kuliner khas Kuningan dan berwisata bersama keluarga.

Nunung, warga Kecamatan Garawangi, saat ditemui di salah satu lokasi obyek wisata di Desa Cisantana, menyebutkan dirinya memilih bepergian ke obyek wisata daripada kulineran.

"Untuk menikmati kuliner bisa nanti lagi, sekarang waktunya refreshing dulu bersama keluarga," ucapnya.

Baca juga:



Hal sama dikatakan Sobirin, warga Ciledug, Kabupaten Cirebon, yang jauh-jauh datang ke lokasi obyek wisata Sukageuri View, Desa Cisantana, hanya untuk berlibur menikmati segarnya alam pegunungan.

"Kami langganan pergi ke daerah Palutungan ini setiap liburan Idul Fitri. Di Ciledug kan suasananya panas, kalau di sini adem," sebutnya.

Lain halnya dengan Wawan, warga Kecamatan Ciniru, pengunjung Taman Kota Kuningan. Ia bersama anak dan istrinya sengaja datang ke Kuningan kota untuk mencari makanan favorit mereka di setiap liburan Idul Fitri, yakni Bakso.

"Di daerah kami juga banyak pedagang bakso, tapi menikmati bakso dengan keluarga sambil jalan-jalan ke Tamkot Kuningan punya kenikmatan tersendiri," jelas Wawan.

Untuk diketahui, di hari kedua lebaran ini sebagian warga Kuningan banyak menyerbu destinasi wisata untuk hiburan bersama sanak keluarga. Ada beberapa lokasi wisata yang selalu padat pengunjung di setiap libur panjang, diantaranya beberapa titik wisata di daerah Palutungan, Desa Cisantana, Kolam Renang Cibulan Desa Manis Kidul, Kolam Renang Zamzam Pool Desa Manislor, Talaga Biru Cicerem Desa Kaduela, Waduk Darma Kecamatan Darma dan banyak lagi obyek wisata lainnya.


Sementara, untuk lokasi kuliner yang jadi favorit perantau pituin Kuningan di Hari Raya Idul Fitri adalah Hucap Ma Iroh Jalan Dewi Sartika, Bakso Karuhun Taman Kota, Tahu Kopeci Jalan Veteran, dan banyak rumah makan serta kafe lainnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.