Ads Top

Kegiatan Operasi Bina Kusuma Lodaya di wilayah Polsek Ciwaru sasar para pelajar

KUNINGAN - Kepolisian Sektor (Polsek) Ciwaru, Polres Kuningan, melaksanakan pembinaan kepada kalangan pelajar untuk meminimalisasi terjadinya kenakalan remaja dan tawuran antar pelajar di wilayahnya.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Operasi Bina Kusuma Lodaya tahun 2022 yang digelar serentak di seluruh wilayah Polres Kuningan.


Agenda pembinaan dan penyuluhan kepada sejumlah pelajar setingkat SMA pada Senin (30/5) kemarin dilakukan di SMAN 1 Ciwaru, dengan pemateri PS Kanit Binmas Polsek Ciwaru, Aipda Achmad Ramdan.

Dalam agenda Binluh Ops Bina Kusuma Lodaya 2022 ini, Ramdan menjelaskan bahwa target sasaran pembinaan tidak hanya dari kalangan pelajar saja. Pihaknya juga menyasar ke komponen masyarakat lainnya, seperti para pengemudi ojek, pengelola sentra perekonomian dan tempat rekreasi, para guru, dan komponen masyarakat lainnya.



"Operasi Bina Kusuma Lodaya ini digelar guna mengantisipasi adanya kenakalan remaja, tawuran antar pelajar, penyakit masyarakat, dan perilaku premanisme," terang Aipda Ramdan.

Menurutnya, Operasi Bina Kusuma Lodaya mengedepankan upaya-upaya preemtif dan preventif guna mengantisipasi segala kemungkinan kegiatan di masyarakat yang mengarah kepada premanisme, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat.


"Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar, dan para pelajar kita ajak untuk lebih menyukai kegiatan-kegiatan positif yang menunjang tujuan belajar mengajar di sekolah mereka," ucapnya.

Terpisah, dalam keterangan persnya, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menyebutkan bahwa Ops Bina Kusuma Lodaya 2022 ini menitikberatkan pada orientasi tugas Kepolisian untuk menekan timbulnya kejahatan premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, KDRT, perkelahian antar kelompok masyarakat, kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kegiatan Operasi Bina Kusuma Lodaya 2022 akan digelar mulai 30 Mei 2022 hingga 9 Juni 2022 di seluruh wilayah hukum Polda Jawa Barat.

"Pelaksanaan penanganan keamanan, ketertiban umum dan ketentraman masyarakat ini diharapkan dapat menciptakan situasi serta kondisi aman, tenteram dan damai di daerah hukum Polda Jawa Barat," ungkapnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.