Ads Top

Rumah SandiUno Indonesia Siap Bantu Bangkitkan Wisata Kuningan

Ketua DPN Rumah SandiUno Indonesia, Sanny A Irsan didampingi Ketua DPW RSI Jabar, Feby Imam Permana

KUNINGAN - Rumah SandiUno Indonesia (RSI) menggelar agenda halal bil halal dan silaturahmi paska Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Acara halal bil halal tersebut diikuti jajaran pengurus RSI dari DPW Jabar dan DPC Kuningan.

Dalam gala dinner di Hotel Grand Cordela AS Putra Kuningan, Ahad (15/5) malam, yang menghadirkan sejumlah awak media, Ketua DPN RSI, Sanny A Irsan, menyoroti potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan yang masih belum tersentuh dan belum dikelola maksimal.

"Kami melihat potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan ini banyak namun belum dikelola maksimal. Sehingga belum bisa mengangkat ekonomi masyarakat sekitarnya," kata Sanny kepada sejumlah wartawan, didampingi Ketua DPW RSI Jabar, Feby Imam Permana.


Guna mengangkat ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata yang jadi andalan Kabupaten Kuningan, Sanny menyebutkan, RSI siap berkolaborasi dan bekerjasama dengan stakeholder yang bergerak di sektor pariwisata di Kabupaten Kuningan.

"Memajukan sektor pariwisata butuh kolaborasi dan sinergitas baik itu para pengelola wisata, pelaku ekonomi kreatif dan pemerintah daerah," ucapnya.

Pihaknya menyayangkan, potensi pariwisata di Kabupaten Kuningan sebenarnya sudah banyak dikenal masyarakat sekitar wilayah Kuningan. Banyak warga dari kabupaten/kota tetangga, seperti dari Indramayu, Kota dan Kabupaten Cirebon, Ciamis dan Kota Banjar mengunjungi obyek wisata di Kabupaten Kuningan.

 "Potensi dikenalnya wisata Kuningan ini sudah bagus, sayang belum maksimal pengelolaannnya. Makanya kita siap berkolaborasi dengan pemerintah setempat dan stakeholder pariwisata untuk bersama-sama mengembangkannya," tandasnya.

Langkah konkret, pihaknya telah berkoordinasi dengan Ketua RSI Kabupaten Kuningan agar ikut terlibat dalam berbagai kegiatan mulai dari pembinaan masyarakat, promosi wisata maupun pengemasan atraksi-atraksi atau acara yang bisa mengundang wisatawan untuk berkunjung.

"Kita berkaca dan belajar dari daerah lain di Indonesia yang konsep pembangunan pariwisatanya sudah terpadu. Semoga bisa diterapkan di Kabupaten Kuningan," papar Sanny.


Ia mengajak pemerintah daerah dan semua pihak untuk memulai berbenah dan berkolaborasi tanpa mengedepankan ego sektoral agar pariwisata di Kabupaten Kuningan bisa lebih asri sesuai tagline yang sudah melekat di kabupaten yang memiliki alam yang indah ini. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.