Ads Top

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Desa Singkup, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, inisiasi wisata desa

KUNINGAN - Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra Persatuan, Tina Wiryawati, selalu menempuh cara berbeda saat melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. Dalam sosialisasi yang dilakukan di Daerah Pemilihan XIII Jabar (Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran), Tina selalu melakukannya dengan langkah konkrit, tak hanya berbentuk ceramah satu arah.


Seperti yang dikatakan Tina, saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler pada Kamis (19/5), Ia menyebutkan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan agar mudah tersampaikan kepada masyarakat bisa melalui langkah nyata.

"Kemarin (Selasa, 17/5) Saya mensosialisasikan empat pilar kebangsaan lebih kepada mengaplikasikan melalui pengembangan di sektor Pariwisata, UMKM dan Pendidikan di Desa Singkup, Kecamatan Japara," paparnya.

Disebutkannya, pada sosialisasi tersebut, Ia menggandeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Pariwisata (Stiepari) Semarang untuk melakukan pemetaan dan pengabdian masyarakat di Desa Singkup.

"Sosialisasi empat Pilar Kebangsaan ini untuk mengaplikasikan sila ke lima yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia," kata Tina.

Kedepan, paska sosialisasi ini, Tina bermaksud menginisiasi desa Wisata Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta), dengan mengangkat kuliner lokal yakni kokolotok. 

"Di Desa Singkup ini ada Kuliner Kokolotok yang menjadi salah satu daya tarik di tempat wisata atau desa wisata yang ada di Kuningan. Nantinya, secara  pengelolaannya lebih melibatkan masyarakat setempat," ujarnya. 


Selain itu, dirinya juga menyempatkan untuk mengunjungi usaha-usaha seperti budidaya maggot, peternakan unggas, kerajinan kursi rotan plastik serta pembuatan glass powder yang keseluruhannya dilakukan secara home industri. 

"Jadi, dalam kegiatan empat pilar kebangsaan Saya selalu berbentuk implementasi dari sila-sila Pancasila kepada masyarakat atau konstituen," sebutnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.