Ads Top

Kegiatan penanaman bibit pohon warnai Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kabupaten Kuningan, Ahad (5/6)

KUNINGAN - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan, mengucap syukur, karena di Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 ini, sudah banyak pihak yang ikut peduli akan kelestarian alam dan menjaga bumi ini dari kerusakan.

Hal itu disampaikan Wawan usai mengikuti kegiatan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bersama Direktorat Pengendalian Kerusakan Lahan, Dirjen PPKL, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Ekowisata, Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Ahad (5/6).


"Alhamdulillah Kami sangat mengapresiasi banyaknya komponen yang ikut peduli dengan lingkungan di HLH Sedunia ini. Peringatan HLH di Kabupaten Kuningan diisi banyak kegiatan besar," ujarnya kepada kuninganreligi.com, didampingi Sekdis LH, Eka Mulyawan.

Beberapa kegiatan tersebut, imbuhnya, diantaranya digelarnya Gowes Sejuta Sepeda yang dilepas Bupati Kuningan, Acep Purnama, dengan rute dari Jalan Siliwangi ke Open Space Galeri di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus.

"Kemudian ada agenda penanaman bibit pohon oleh Komunitas Pecinta Alam Smandarikal di Hulu Sungai Cisanggarung, tepatnya di Desa Cageur, Kecamatan Darma, sekaligus memperingati Ulang Tahun ke-39 Smandarikal," katanya.

Kegiatan lainnya yang berskala nasional adalah yang digelar di Ekowisata Desa Cisantana bersama Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, berupa Forum Group Discussion (FGD) penguatan kelembagaan ekowisata. 

Bupati Kuningan lepas para peserta Gowes Sejuta Sepeda di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

"Disela kegiatan FGD ini ada juga kegiatan menanam pohon, kemudian dari Dinas Lingkungan Hidup Kuningan juga ada kegiatan penyemprotan eco-enzyme di TPSA Ciniru," ungkap Wawan.

Belum puas dengan beragam kegiatan tersebut, Dinas LH Kuningan kedepan menginginkan ada satu agenda kegiatan besar, seperti penanaman banyak pohon di lahan bekas pertambangan dan kegiatan tebar benih ikan.

"Untuk waktu dan lokasinya kita masih menyusun agendanya, nanti kita kabari," ujarnya 

Kedepan, pihaknya tetap menaruh harapan agar masyarakat lebih peduli pada lingkungan alam dalam aksi yang nyata. 

"Dari hal kecil saja dulu, seperti peduli pada pengelolaan sampah. 

Untuk diketahui, dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 ini mengusung tema "Satu Bumi untuk Masa Depan" dengan Tagline #OnlyOneEarth.

"Mengusung bagaimana agar bumi ini terus lebih baik. Jika ingin bumi ini lebih baik, tentu harus ada aksi nyata, tidak hanya seremonial," tandas mantan Kabid di Bappeda Kuningan ini.


Terpisah, Sekda Kuningan, Dian Rachmat Yanuar, yang ikut serta dalam aksi Gowes Sejuta Sepeda Satu Indonesia, menyebutkan aksi itu merupakan rangkaian dalam rangka memperingati World Bicycle Day dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022.

Dalam kegiatan Aksi Sejuta Sepeda ini, dilakukan juga Deklarasi Komunitas Sepeda.  Mereka menyatakan, diantaranya pesepeda dari berbagai kalangan peduli terhadap lingkungan, berkomitmen  membudayakan  bersepeda dalam  beraktivitas sehari- hari dan berolahraga di semua sektor kehidupan. 

"Kami siap berpartisipasi siaga untuk jalur bersepeda, bersinergi dengan program lingkungan langit biru, kali bersih, Kuningan tertib kelola sampah, peduli wisata, penghijauan,  siap  mewujudkan Kuningan resik dan menjadi pelopor budaya tertib bersepeda," terang Sekda Dian.( Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.