Ads Top

HANI 2022 Kabupaten Kuningan, 38 Desa Dikukuhkan Jadi Desa Bersinar

Kepala BNNK Kuningan, AKBP Yaya Satyanagara

KUNINGAN - Puncak rangkaian agenda memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2022 di Kabupaten Kuningan ditandai dengan pengukuhan 38 desa menjadi Desa Bersih Narkotika (Bersinar). Ketiga puluh delapan desa ini mendapatkan Surat Keputusan dari Bupati Kuningan untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat desa yang dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Desa bersama dengan masyarakatnya.


Jumlah 38 desa Bersinar tersebut tersebar di 32 kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan, diharapkan jadi percontohan untuk desa-desa di sekitarnya dalam hal pencegahan dan penanggulangan bahaya narkotika.

Kegiatan puncak acara HANI 2022 Kabupaten Kuningan ini digelar di Pendopo Bupati Kuningan, Senin (27/6).

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kuningan, AKBP Yaya Satyanagara saat ditemui kuninganreligi.com menyebutkan dalam peringatan HANI 2022 ini mengusung tagline "Speed up never let up". 

"Semangat Speed up never let up ini berarti semangat Badan Narkotika Nasional dalam hal mempercepat, tidak pernah berhenti dan tidak pernah menyerah dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Narkoba di Indonesia," jelas Yaya.



Melalui peringatan HANI 2022 ini pihaknya mengajak semua untuk bersinergi bekerja cepat, kerja hebat untuk memberantas narkoba di Indonesia.

Mengisi agenda peringatan HANI 2022, BNNK Kuningan telah melakukan rangkaian kegiatan dari sebelum, saat dan paska puncak acara HANI nanti.

"Sebelumnya kita sudah menggelar berbagai kegiatan, seperti pemasangan spanduk, baliho ajakan memberantas narkotika di tempat-tempat umum. Lalu ada kegiatan lomba-lomba tradisional, donor darah, malam renungan, pemberian SK Desa Bersinar kepada 38 desa, dan puncak acara di Pendopo Bupati Kuningan hari ini," ujarnya.

Nanti paska puncak acara HANI 2022, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel di wilayah Kabupaten Kuningan untuk memasang tampilan video ajakan berantas narkotika pada tampilan awal televisi di kamar-kamar hotel.

"Nanti saat tamu mulai menyalakan televisi akan tampil pesan layanan masyarakat dari BNNK Kuningan terkait ajakan Stop Narkotika," tandasnya.

Dalam puncak acara HANI 2022 di Pendopo Bupati Kuningan juga ditampilkan paduan suara pemenang juara 2 nasional pada lomba Bandung Choral Festival, yakni dari pelajar SMAN 1 Kuningan.


"Kita juga berikan penghargaan kepada 37 siswa-siswi SMAN 1 Kuningan yang telah ikut berpartisipasi memenangkan lomba BCF tersebut," ungkapnya.

Yaya menyebutkan BNNK Kuningan akan terus mengajak masyarakat untuk menjaga wilayah, keluarga dan diri masing-masing dari bahaya narkotika. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.