Ads Top

Kementerian ATR Kantah Kuningan Buka Layanan Mobil Weekend Service di Taman Kota

Kantah Kuningan Launching Program Weekend Service, Kamis (2/6) di halaman kantor setempat

KUNINGAN - Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Kantah Kuningan terus melakukan terobosan program guna memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Selain layanan secara digital, melalui aplikasi online dan layanan interaktif Kantah Kuningan mengeluarkan program jemput bola untuk melayani masyarakat yang membutuhkan konsultasi dan pelayanan sertifikasi tanah.

Mulai pekan ini, setiap Hari Ahad, Mobil layanan Kantah Kuningan akan terparkir di sekitar Taman Kota Kuningan untuk melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan soal sertifikasi tanah.


"Ya, hari ini kita launching program yang namanya Weekend Service, yakni pelayanan terjadwal kepada masyarakat setiap Hari Ahad di Taman Kota Kuningan, mulai pukul 07:00 hingga pukul 10:00 WIB menggunakan mobil yang sudah kita rancang sedemikian rupa," kata Kepala Kantor ATR/BPN Kantah Kuningan, Surahman, saat berbincang dengan kuninganreligi.com, Kamis (2/6).

Selain layanan jemput bola ini, sedikitnya masih ada 7 inovasi layanan akses informasi lain yang dikeluarkan Kantor Pertanahan Kabupaten Kuningan.

Layanan tersebut adalah QRIS BRI, yakni kerjasama dengan Bank BRI untuk pembayaran PNBP dengan scan QR Code bisa melalui seluruh bank, GoPay, OVO, DANA, LinkAja, SHOPEE dan lain-lain.

"Kemudian kita juga punya SMS-delivery, yaitu layanan pemberitahuan melalui SMS secara real-time kepada pemohon apabila produk layanannya sudah selesai," ucap Surahman.

Klik di video di bawah ini untuk tonton Podcast kami dengan Kantah Kuningan:

Lalu, imbuhnya, ada program KUPAT KUNINGAN, merupakan kepanjangan KUantar SertiPikAT Wilayah Kuningan, yaitu layanan pengantaran SertiPikAT yang sudah selesai kepada pemohon Lansia, Difabel, atau pemohon yang jauh alamatnya dari Kantor Pertanahan.

Pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan salah satu stasiun radio swasta untuk membuat acara Jeniper. Program Jeniper adalah kepanjangan dari Jendela Informasi Pertanahan, yaitu program talk-show /dialog interaktif dengan masyarakat.

"Ada juga LARI SEHAT, kepanjangan dari layanan sehari SertiPikAT hak atas tanah untuk layanan penghapusan hak tanggungan (Roya). Peningkatan hak atas tanah, penurunan hak atas tanah, pengecekan sertifikat dan surat keterangan pendaftaran Tanah (SKPT)," paparnya.

Program lainnya adalah Larasita, yakni layanan rakyat untuk sertifikasi tanah (terjadwal secara bergilir setiap Hari Rabu dari jam 10:00 - 14:00 WIB di desa/kecamatan yang jauh dari Kantor Pertanahan.

"Terakhir ada Peduli Tanah, yakni Pelayanan pengaduan dan konsultasi pertanahan melalui nomor WhatsApp, hotline center, medsos dan kanal lainnya," ungkapnya.

Untuk lebih lengkap, Kementerian Agraria Kantah Kuningan mempersilakan masyarakat mengunduh aplikasi Sentuh Tanahku di perangkat Android atau IOS .

Transformasi digital layanan publik, kata Surahman, terus diakselerasi oleh pemerintah. Tujuannya tentu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah dan terjangkau oleh masyarakat.

Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang dalam mewujudkan visi/misi tahun 2024 yaitu " Institusi yang berstandar dunia" dengan menerapkan nilai-nilai kementerian melayani, profesional, terpercaya yang saat ini sedang melakukan alih media dari data analog ke data digital.

Beberapa layanan yang saat ini sudah dilakukan dengan sistem elektronik, yaitu: pendaftaran hak tanggungan, roya, pengecekan sertifikat, informasi zona nilai tanah, surat keterangan pendaftaran tanah. 


Sementara, Bupati Kuningan, Acep Purnama, yang hadir dalam agenda launching layanan Weekend Service Kantah Kuningan ini mengapresiasi semua upaya Kantah Kuningan yang telah memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Semoga inovasi-inovasi layanan kemudahan kepada masyarakat ini bisa diikuti juga oleh seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Kuningan. Sehingga membuat yang tadinya jauh jadi dekat dan yang tidak ada jadi ada," harapnya. 

Dalam agenda launching program ini juga dihadiri seluruh Forkopimda Kuningan yang ikut mendukung  upaya ATR Kantah Kuningan guna mempermudah pelayanan kepada masyarakat. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.