Ads Top

Milad Tahun 2022, Yayasan Nurul Hikmah Babakanmulya Wisuda 70 Santri

Milad Yayasan Nurul Hikmah Desa Babakanmulya Kecamatan Jalaksana

KUNINGAN - Puncak acara peringatan Milad Yayasan Nurul Hikmah di Dusun Cantilan, Desa Babakakanmulya, Kecamatan Jalaksana, diramaikan dengan berbagai kegiatan. Yayasan yang berdiri sejak tahun 2010 ini, menggelar berbagai acara di hari ulang tahunnya, pada Ahad (19/6/2022).

Rangkaian agenda tersebut diantaranya adalah pentas seni Islam, Tahfidz Juz 'Ama, serta santunan anak yatim dan dhuafa. Acara ini dihadiri para pengurus Yayasan Nurul Hikmah, perangkat Desa Babakanmulya dan orang tua siswa.


Selain menggelar berbagai lomba, Dies Natalis I Yayasan Nurul Hikmah mengumumkan wisuda siswa angkatan pertama. Sedikitnya 70 siswa diwisuda hari ini yang terdiri dari 20 siswa dari Pendidikan Anak Usia Dini Al Quran Biasa (PAUDQU), 30 siswa dari Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) dan 20 dari siswa Diniyah.

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Desa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, mengatakan pendidikan siswa TPQ merupakan salah satu pendidikan yang tepat, dan siswanya mengemban misi penting untuk mengenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an pada anak sejak dini. 

"Pembinaan pendidikan anak tidak hanya harus dilakukan melalui jalur formal, tetapi juga harus diimbangi dengan pendidikan agama sejak dini seperti TPQ," katanya.

Di lokasi yang sama, Hambali yang merupakan perwakilan dari KUA Kecamatan Jalaksana mengatakan saat itu masyarakat harus berperan aktif dalam mengembangkan sekolah nonformal yang merupakan tumpuan pembentukan karakter anak sesuai syariat Islam.

Ia juga menyebutkan, peran aktif orang tua dan lingkungan harus terus ditingkatkan dalam memberikan pendidikan agama bagi anak-anak.

"Semoga pada miladnya yang pertama ini Yayasan Nurul Hikmah dapat tumbuh dan berkembang sekaligus dapat mencetak generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi," ujarnya.

Hambali menuturkan, pengajaran membaca Al-Qur'an sejak usia dini, serta memahami dasar-dasar Dienul Islam pada anak usia dini sangat penting agar mereka memiliki kesiapan ketika memasuki tingkat pendidikan lebih lanjut.


Sementara, orang tua santri, Nurdin saat ditemui disela kegiatan, mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya langkah Yayasan Nurul Hikmah dalam pendidikan keagamaan di masyarakat.

"Kami berharap semoga apa yang telah santri dapatkan ketika menimba ilmu di yayasan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal membaca, menulis, menghafal dan mengamalkan kandungan isi Al-Qur’an," harap Nurdin. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.