Ads Top

Penasehat DWP Kemenpora RI Cicipi Keripik Beca dan Buat Emping Melinjo di Wisata UMKM Desa Bojong

Penasehat DWP Kemenpora, Nadiah Amali didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Kuningan, Ika Rahmatika meninjau rumah produksi madu Teuweul di Desa Bojong, akhir pekan kemarin.

KUNINGAN - Wisata Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, menarik perhatian Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenpora RI, Nadiah Zainudin Amali untuk berkunjung.

Didampingi istri Bupati Kuningan, Ika Acep Purnama dengan rombongan TP-PKK nya, Nadiah Zainudin Amali berkunjung ke beberapa rumah produksi yang menjadi pusat kegiatan UMKM warga.


Ada beberapa produk UMKM yang dikenalkan di Wisata UMKM Desa Bojong ini, diantaranya Batik Khas Kuningan, Madu Teuweul Kuningan, aneka makanan khas Kuningan, seperti Emping Melinjo, Keripik Beca, Rengginang, Gemblong dan makanan ringan lainnya.

Kunjungan pertama, Nadiah Zainudin Amali adalah di Rumah Madu Teuweul. Disana, penasehat DWP Kemenpora ini mencicipi manisnya madu asli dari peternakan lebah Teuweul (Stingless bee) dan aneka olahan minuman dari madu.

Kemudian, dengan menaiki Kendaraan Odong-odong dari Komunitas Komodo 88 binaan Anggota DPRD Jawa Barat, Tina Wiryawati, Nadiah mengunjungi rumah produksi emping melinjo.

Disana, Ia bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Kuningan mencoba membuat emping melinjo, mulai dari proses sanggrai, pemipihan, hingga penggorengan.

Di tengah kaum hawa yang mendominasi pembuatan makanan khas Kuningan ini, Nadia Amali mengaku sangat menyukai rasa makanan yang dicicipinya.

Nadiah Amali berharap kunjungannya mampu memotivasi dan memajukan UMKM di Desa Bojong.

"Semoga bisa lebih maju. Anggota UMKM nya bisa lebih kompak lagi terkoordinir semua sehingga bisa lebih maju. Satu lagi, pemasarannya jangan hanya di dalam Kuningan saja tapi juga ke luar kota juga karena sayang rasanya enak-enak, bagus-bagus terutama madunya," harapnya.

Selain sambil belajar membuat berbagai produk UMKM, Nadiah Amali juga bisa memborong produk UMKM dengan harga murah, karena langsung dari produsennya. 

Wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini juga bertujuan untuk membangkitkan para pelaku usaha mikro kecil menengah yang dibungkus dalam wadah wisata alam yang menarik.

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Tina Wiryawati, saat ini sedang melakukan pembinaan agar Wisata UMKM Desa Bojong bisa terus berkembang sebagai icon wisata UMKM di Kabupaten Kuningan yang dikenal secara nasional.

"Kami bersama STIEPARI Semarang saat ini intens melakukan pembinaan agar kemasan wisata UMKM di Desa Bojong ini lebih elegan dan terintegrasi bersama pemerintah daerah setempat," kata Tina Wiryawati saat dimintai tanggapan, Senin (6/6).

Sementara, Ketua TP-PKK Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama, berharap kunjungan DWP Kemenpora ke kabupaten Kuningan ini bukan yang terakhir. Ia juga berharap kunjungan Nadiah Amali dan rombongan memberikan dampak positif.


"Semoga ini kunjungan ibu bukan yang terakhir, insha Allah kunjungan ini bermanfaat, karena beberapa ada arahan-arahan beliau," ujar Ika.

Pihaknya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kemenpora dan Ibu Menpora Nadiah Amali, semoga kedepan bisa berkunjung kembali dengan program yang dibawa dari pemerintah pusat. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.