Ads Top

Rokhmat Ardiyan Ingatkan Peran ICMI dalam Membangun Daerah

H Rokhmat Ardiyan, Pembina ICMI Orda Kuningan

KUNINGAN - Tokoh pengusaha muslim sekaligus Dewan Pembina Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kuningan, Rokhmat Ardiyan saat menghadiri musyawarah pemilihan ketua ICMI Orda Kuningan, tempo hari, menjelaskan bahwa kehadiran ICMI di Kabupaten Kuningan sangat penting untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah.


"Cendekiawan dalam arti intelektual mengandung syarat tertentu. Contoh, seseorang tidak pernah lulus perguruan tinggi, tapi diakui sebagai cendekiawan besar karena melahirkan tulisan ilmiah mengenai ide-ide sosial dan kemanusiaan," ujarnya.

Dari ide-ide dan tulisannya ini, seorang cendekiawan bisa memberikan inspirasi bagi pembangunan daerah. Meski seorang cendekiawan tidak mesti harus sarjana. Bahkan, sarjana sendiri belum tentu cendekiawan. 

Ardiyan mengatakan, kiprah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kabupaten Kuningan, terus ditunggu masyarakat. 

"Cendekiawan itu, memiliki sikap, visi intelektual. Mampu mengatasi batas-batas disiplin, memiliki komitmen kuat pada kemanusiaan, harkat, nilai-nilai, aspirasi dan hati nurani. Juga kritis dan mandiri,” papar Direktur Utama Puspita Cipta Grup ini 



Maka, imbuhnya, cendekiawan muslim adalah muslim peduli terhadap lingkungan. Terus menerus meningkatkan kualitas Iman dan taqwa. Cendekiawan muslim memiliki kemampuan berpikir, menggali, memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kehidupan keagamaan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan untuk diamalkan bagi terwujudnya masyarakat madani. 

Tokoh Pengusaha Kuningan bersahaja ini, berterimakasih atas pengabdian mulia Dr Iskandar memimpin ICMI Orda Kuningan. Menurut dia, Iskandar adalah akademisi senior, peduli, penuh teladan. Juga Ia mengucapkan selamat atas terpilihnya Nanan Abdul Manan secara aklamasi sebagai Ketua ICMI Orda Kuningan masa khidmat 2022-2027. 


“Pak Nanan Abdul Manan ini, luar biasa. Selain akademisi muda sukses, dan Ketua STKIP Muhamadiyah, Pak Nanan juga banyak aktif di organisasi lain. Selamat. Ditangan Pak Nanan, saya optimis ICMI semakin diperhitungkan. Manfaatnya juga akan semakin dirasakan masyarakat,” ungkapnya.

Ardiyan berharap ICMI Kuningan kedepan bisa  sesuai harapan semua. Tetap solid, kompak, demi agama dan Kuningan maju. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.