Ads Top

Sampah menyumbat saluran air di samping gedung perkantoran Setda Pemkab Kuningan sebabkan pagar roboh, Ahad (27/6)

KUNINGAN - Pagar putih depan halaman Pendopo Bupati Kuningan bagian sudut selatan roboh pada Ahad (26/6) sore. 

Menurut petugas Satpol PP Kuningan yang berada di lokasi, selain akibat guyuran hujan deras yang terjadi selama lebih dari 1 jam, ada penyebab lain yang membuat pagar putih ini roboh.


"Ada beberapa kemungkinan penyebab ambruknya pagar pojok selatan Pemda ini. Yang pertama karena hujan deras dan cukup lama," terang Ade Rudianto, Kabid TTM, Anggota PTI Satpol PP Kuningan, Ahad malam.

Selanjutnya, kata Ade, pada selokan antara samping tembok selatan Pemda dan Toko Elektronik Colombus yang ada di sekitar pagar tersebut tersumbat sehingga airnya meluap.

"Diduga karena banyak akar pepohonan yang tumbuh di taman pojok Pendopo, menyebabkan tembok pojok selatan pemda itu ambruk.  " ucapnya.

Terpisah, berdasarkan hasil kaji cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan, disebutkan, robohnya pagar depan Pendopo Bupati Kuningan ini karena tersumbatnya gorong-gorong (saluran air) di lokasi tersebut.

Baca juga:



"Hujan itensitas deras dan saluran air (gorong gorong tersumbat) mengakibatkan pagar 

tembok dan TPT Kantor PEMDA ambruk," terang Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam kaji cepatnya.

Volume material pagar yang ambruk, diterangkannya, adalah dengan panjang 4 meter, tinggi 4 meter dan lebar 30 sentimeter.

"BPBD menurunkan Team Asesement dan Dorlog. Juga pihak Pemda dibantu masarakat membersihkan material pagar dan TPT yang ambruk," katanya.

Mulai Senin (27/6) besok, imbuhnya, akan dilakukan pembersihan sampah saluran air ( gorong gorong ) yang tersumbat. 

"Akan ada perbaikan oleh pihak ketiga mulai besok Senin," pungkas IB. 

Sebelumnya diberitakan, pagar halaman pendopo Bupati Kuningan, Jawa Barat, bagian pojok depan selatan roboh, pada Ahad (26/6) sore sekira pukul 16:46 WIB. Robohnya pagar putih sepanjang kurang lebih 5 meter ini diduga akibat hujan deras yang terjadi pada Ahad sore.

Petugas Satpol PP Kuningan, yang merupakan anggota piket di Pos Kantor Setda Kuningan, Ade Rudianto, memberikan informasi bahwa hujan deras yang berlangsung lumayan lama pada Ahad sore mengakibatkan tanah penyangga pagar ambruk.


"Iya pagar bagian selatan depan pendopo Bupati Kuningan ambruk akibat hujan deras," kata Ade.

Untuk sementara, petugas Satpol PP yang berjaga di kawasan kantor Setda Kuningan sudah melakukan penanganan berupa memberi tanda traffic cone di pinggir Jalan Siliwangi untuk perhatian bagi pengguna jalan yang melintas. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.