Ads Top

Adu Penalti: Persib Bandung Dijegal PSS Sleman Gagal Melaju ke Semifinal Piala Presiden 2022

Persib Bandung gagal melaju ke semifinal Piala Presiden 2022 setelah dikalahkan PSS Sleman lewat drama adu penalti pada perempat final, Jum'at (1/7) malam di Stadion Si Jalak Harupat Bandung (foto:IG @persib)

PIALA PRESIDEN (SI JALAK HARUPAT) - Tim kebanggaan para Bobotoh,  Persib Bandung harus pulang dengan tangan hampa, akibat gagal melaju ke babak Semifinal Piala Presiden 2022. Tim Maung Bandung harus mengakui kekalahan akibat kalah beradu penalti melawan PSS Sleman di perempat final Piala Presiden, Jum'at (1/7) malam di Stadion Si Jalak Harupat Bandung.


 Bertanding seri dengan skor 1-1 melawan PSS Slema, Persib Bandung tak bisa unggul di sesi adu penalti. Persib Bandung kalah 2-4 di sesi tersebut.

Ulasan Pertandingan

Di babak kedua, sebenarnya PSS Sleman sudah berada di atas angin. Saat penyerang Boaz Solossa berhasil menyundul bola mengalahkan dua pemain jangkung Persib, Ahmad Jufrianto dan David Rumakiek.

Pemain berusia 36 tahun ini berhasil menjebol gawang yang dijaga Fitrul Dwi Rustafa di menit ke 52. Skor 1-0 untuk PSS Sleman.

Kecolongan 1 gol, Robert Alberts langsung mengganti 3 pemain Maung Bandung. Febri Hariyadi dan David Rumakiek ditarik dari tengah lapangan.

Dari kecolongan ini, Persib terus ngotot berupaya menjebol tembok tebal PSS Sleman. Sayangnya, setelah unggul, PSS Sleman pun langsung memperketat lini belakang. 

Baca juga: 

Pada menit 54 tandukan Jufrianto dari umpan tendangan sudut Marc Klok  belum mampu menjebol gawang PSS Sleman. Dan satu lagi peluang Persib di menit ke 68, tandukan Erwin, pemain Persib Bandung yang baru masuk kembali membahayakan gawang PSS Sleman. Namun lagi-lagi hanya melayang tipis di atas mistar gawang Ridwan.

Menit 70 PSS mengganti pemain depan Boaz Solossa dan Persib juga menarik Ezra Walian untuk penyegaran serangan.

Skor hingga Cooling Break menit ke 75 dilakukan tetap 1-0 untuk PSS Sleman.

Paska cooling break, menit ke 83  pemain PSS Sleman, Syaiful Ramadhan melakukan pelanggaran di kotak penalti PSS Sleman. Wasit memberikan kartu kuning kedua sekaligus kartu merah kepada Syaiful. PSS Sleman terpaksa meneruskan pertandingan dengan 10 pemain.

Akibat pelanggaran Syaiful, tendangan penalti diberikan kepada Persib Bandung dan berhasil dieksekusi baik oleh Marc Klok. Bola masuk ke sudut kiri atas kiper Ridwan. Skor berubah menjadi 1-1.

Bertanding dengan 10 pemain PSS Sleman mencoba bertahan dengan sesekali menekan lini belakang Maung Bandung.

Dan alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan wasit, keadaan seimbang tidak berubah. Sehingga pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Di sesi adu penalti, dari 5 pemain Persib yang dipersiapkan Robert Rene Alberts, hanya 4 pemain yang sempat melakukan tendangan. Dari empat pemain ini, dua berhasil menjebilkan gawang yang dijaga M Ridwan. Sedangkan 2 pemain lain tidak berhasil menyarangkan Si Kulit Bundar.

Kedua pemain Persib yang berhasil menjaringkan bola adalah Marc Klok (tendangan pertama) dan Irianto (tendangan ketiga). Sementara 2 pemain Persib yang gagal mengeksekusi tendangan penalti adalah Erwin (tendangan kedua terbaca oleh M Ridwan yang menjatuhkan diri ke kiri gawang) dan Ahmad Jufrianto yang menendang bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Sedangkan di kubu PSS Sleman 4 pemain yang mendapatkan kesempatan eksekusi penalti, semuanya berhasil menjaringkan bola ke gawang yang dijaga Fitrul Dwi Rustafa.


Keempat pemain PSS Sleman algojo penalti ini adalah Ze Valente, tendangannya masuk ke arah kiri Fitrul, walau sempat terbaca, tapi karena tendangan keras akhirnya bola masuk.

Kemudian, Bagus Nirwanto pemain yang debut di Deltras Sidoarjo, berhasil menjaringkan bola.

Lalu, pemain yang masuk di menit akhir pertandingan, Hambali Tolib, dan Rifqy, keduanya membuat PSS Sleman berhasil melaju ke babak Semifinal Piala Presiden 2022. (Nars)


Diberdayakan oleh Blogger.