Ads Top

Digempur Juku Eja, Maung Bandung Tak Berkutik, Ini Ulasan Pertandingan Persib Bandung vs PSM Makassar

Persib Bandung kalah 1-5 dari tuan rumah PSM Makassar dalam laga pekan ketujuh Liga 1 BRI di Stadion Gelora BJ Habibie, Makassar, Senin (29/8)

LIGA 1 (BRI) - Babak pertama pertandingan Liga 1 BRI antara Persib Bandung vs PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Makassar, dimenangkan oleh Tim tuan rumah.

Skor 3-1 untuk Tim Juku Eja terjadi saat wasit meniup peluit setengah pertandingan.

Gelandang PSM Makassar, Yakob Sayuri berhasil mencuri perhatian saat memasukkan bola di menit kedua babak pertama. Umpan dari Akbar Tanjung tak disia-siakan Sayuri untuk menjebol gawang I Made Wirawan.


Hanya berselang 17 menit, di menit ke 19, tim tamu, Persib Bandung harus mengakui kehebatan duet penyerang Yakob Sayuri - Ramadhan Santana. Pemain PSM nomor punggung 9, Ramadhan Santana, menambah pundi-pundi gol setelah melakukan serangan apik ke gawang Persib Bandung. Skor 2-0 untuk PSM Makassar.

Kebobolan 2 gol, tidak mematahkan semangat Tim Pangeran Biru asuhan Luis Milla. Mereka terus membangun serangan dari operan-operan pendek.

Hingga menit ke 32, Marc Klok, pemain dengan nomor punggung 10 Persib Bandung berhasil menyarangkan bola ke jaring yang dijaga M Reza Pratama. Bola melambung ke bawah mistar gawang tak tersentuh Reza Pratama. Skor berubah menjadi 2-1.

Berhasil mengurangi kekalahan, para punggawa Maung Bandung mencoba bangkit melalui serangan-serangan balasan.

Serangan yang bertubi-tubi membuat permainan semakin panas dan konsentrasi kubu PSM Makassar sempat terganggu.

Sayang, gencarnya usaha dari para pemain depan Persib ini bisa terbaca oleh lini belakang PSM Makassar. Hingga menjelang detik-detik terakhir babak kedua, keadaan malah berbalik.

Lini belakang Persib Bandung kewalahan membendung serangan PSM Makassar.

Pada menit pertambahan waktu babak pertama, PSM berhasil menambah keunggulan setelah Ramadhan Santana menciptakan gol keduanya dengan memanfaatkan umpan dari pemain asal Belanda, Wiljan Pluim.

Gol Santana membuahkan skor 3-1 untuk PSM Makassar yang tidak berubah hingga turun minum.

Di babak kedua, Persib mencoba peruntungan dengan memasukkan Frets Butuan menggantikan gelandang Dedi Kusnandar.

Namun, baru enam menit babak kedua berlangsung, tendangan dari luar kotak penalti yang dilakukan Yakob Sayuri kembali menambah skor untuk tuan rumah. Keadaan berubah menjadi 4-1 untuk PSM Makassar.

Keunggulan tuan rumah terus bertambah, saat kapten Tim Juku Eja, Pluim menggenapkan kemenangan tuan rumah menjadi 5-1. Sundulan Pluim berhasil menuntaskan tendangan bebas yang dilakukan Rasyid Bakrie, dan bola pun masuk ke gawang Made Wirawan di menit ke 65.

Meski sempat memasukkan Erwin Ramdani, Abdul Aziz, Henhen Hendriana dan Beckjam Putra di menit 70-an, Pangeran Biru tetap tidak bisa bangkit dari cengkeraman PSM Makassar.

Skor 5-1 tidak berubah hingga pluit panjang dibunyikan.

Untuk diketahui, Persib Bandung pada Starting XI pertandingan menurunkan I Made Wirawan di penjaga gawang, Jufriyanto, Irianto, Daisuke dan Bayu di lini belakang.

Sedangkan lini tengah Persib ditempati Dedi, Klok, Kambuaya, Febri dan Ciro. Di depan Luis Milla menempatkan David da Silva sebagai penyerang.


Atas kekalahan dari PSM ini, Persib Bandung melorot ke urutan 14 klasemen sementara Liga 1 BRI dengan raihan 7 poin dari 7 kali bertanding. Persib mencatatkan pertandingan hingga pekan ketujuh ini dengan dua kali menang, satu kali bermain seri dan empat kali mengalami kekalahan.

Sementara, jadwal pertandingan Persib Bandung selanjutnya adalah menjamu Cilegon United, pada Ahad (4/9) nanti di Stadion GBLA, Bandung. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.