Ads Top

Enam Lokal Stand Pameran Pembangunan Diborong Diskopdagperin, Ini yang Akan Ditampilkan

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan, U Kusmana, SSos., M.Si. 

KUNINGAN - Pameran Pembangunan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-524 Kuningan menurut jadwal akan dimulai pada tanggal 1 September 2022 lusa, bertempat di Terminal Tipe A Kertawangunan, Kabupaten Kuningan.

Dalam pameran pembangunan tersebut dipastikan semua SKPD akan ikut serta memeriahkan dengan penampilan visual hasil-hasil capaian kerja agar bisa disaksikan masyarakat luas yang berkunjung.


Salah satu SKPD yang sudah menyatakan siap mensukseskan Pameran Pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan ini adalah Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

Tak tanggung-tanggung, Diskopdagperin Kuningan sudah mempersiapkan 6 lokal stand khusus kedinasannya dalam pameran tersebut.

Kepala Diskopdagperin Kabupaten Kuningan, U Kusmana, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (26/8) menyebutkan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian KUKM sudah mempersiapkan 6 lokal stand di Pameran Pembangunan Kuningan nanti.

"Kita sudah mempersiapkan apa yang akan kita tampilkan dalam 6 lokal stand ini. Intinya sebagai laporan kepada masyarakat apa saja yang sudah kita kerjakan selama ini," kata Uu.

Ia memberikan sedikit bocoran, dalam stand nanti terbagi dua bagian. Tiga lokal stand adalah untuk display kedinasan dan kinerja bagian Diskopdagperin Kuningan.

"Sedangkan 3 lokal lagi kita persiapkan khusus untuk display produk-produk UMKM binaan kita," ungkapnya.

Sebanyak 20 komunitas UMKM binaan Diskopdagperin Kuningan, imbuhnya akan dilibatkan di 3 lokal stand tersebut. Masing-masing komunitas akan memajangkan 30 jenis produk UMKM yang mereka buat. Jadi,  dalam 3 lokal stand itu nantinya akan memajang sekira 600 jenis produk UMKM yang beraneka ragam.

Ditanya soal adanya keluhan para pelaku UMKM yang belum bisa tampil di Pameran Pembangunan, Uu mengatakan pihaknya baru bisa mengikutsertakan para pelaku UMKM ini dengan berbasis komunitas.

"Untuk sementara yang sudah kita inventarisasi ini ada 20 komunitas UMKM, itu juga anggotanya sudah ribuan pelaku UMKM. Namun untuk yang ditampilkan kan itu kita serahkan ke komunitas UMKM tersebut," katanya.

Bagi para pelaku UMKM yang diikutsertakan di stand Diskopdagperin Kuningan, imbuhnya, tidak ada pungutan biaya apapun untuk menampilkan produk-produk mereka di pameran.


"Jika ada informasi pelaku UMKM keberatan membeli lapak/stand itu bukan ranah kami. Silakan tanya ke panitia pelaksana Pameran soal harga stand dan lapak itu, yang jelas memang untuk yang ikut bersama Diskopdagperin tidak ada pungutan biaya apapun," tandas UU.

Sementara untuk 3 lokal stand lain di Stand Diskopdagperin, Ia menuturkan, akan diisi dengan tampilan audio visual dari capaian program kerja Diskopdagperin selama ini.

"Ada juga menampilkan pembinaan UMKM yang melibatkan para akademisi (mahasiswa) dari berbagai Perguruan Tinggi di Kuningan. Ada Cafe Corner dan ruang podcast juga," ujarnya.

Untuk lebih jelasnya, Uu mengajak seluruh masyarakat bisa datang ke Stand Diskopdagperin Kuningan di area Pameran Pembangunan Hari Jadi ke-524 Kuningan nanti yang bertempat di Terminal Tipe A Kertawangunan.

Pameran pembangunan tersebut akan berlangsung selama 10 hari, mulai tanggal 1 hingga 10 September 2022. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.