Ads Top

Karang Taruna Munding Sirang Peringati Hari Jadi ke-172 Ciwaru

Peringatan Hari Jadi ke-172 Desa Ciwaru 


KUNINGAN - Tanggal 22 Agustus 2022 merupakan Hari Jadi ke-172 Desa Ciwaru, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan. Karang Taruna Munding Sirang Desa Ciwaru kemudian merespon dengan menyusun panitia untuk menggelar acara tersebut. Perayaan Hari Jadi Desa Ciwaru ini dianggap penting bagi seluruh masyarakat Desa Ciwaru pada umumnya, khususnya bagi seluruh generasi muda di Desa Ciwaru, pasalnya ini adalah kali pertama Desa Ciwaru mengadakan acara hari jadi desa, setelah sebelumnya dilakukan serangkaian proses panjang untuk menetapkan hari jadi Desa Ciwaru. karena pada tahun-tahun sebelumnya, belum disepakati mengenai tanggal hari jadi Desa Ciwaru.


Pada perayaan perdana Hari Jadi Desa Ciwaru ini, diselipkan acara Launching Buku Sejarah Desa Ciwaru yang berjudul “Sejarah Desa Ciwaru dari Masa ke Masa” yang ditulis oleh Putera daerah asli Ciwaru yakni Arbi Hidayatullah, S.Pd. yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Desa Ciwaru. Selain dikenal sebagai Ketua Karang Taruna, Arbi juga dikenal sebagai sejarawan muda Desa Ciwaru yang juga menjadi guru sejarah di MAN 3 Kuningan.

Buku Sejarah Desa Ciwaru diresmikan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, yaitu Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si. besera Kepala Seksi Kesenian dan Kebudayaan DISDIKBUD Kab.Kuningan yaitu Bapak Rio Anto Permana, S.Pd.

Acara dihadiri oleh seluruh masyarakat Desa Ciwaru dan beberapa pejabat penting seperti Anggota DPRD Kab.Kuningan Dapil 4, Camat Ciwaru, Kapolsek Ciwaru, Danramil Ciwaru, Perangkat Desa, dan Ketua Organisasi Kepemudaan.


Acara lainnya yang ditampilkan dalam Peringatan Hari Jadi ke-172 tahun Desa Ciwaru  yaitu pagelaran seni tradisional seperti Calung, degung, kolaborasi, hingga tari. Di penghujung acara, Karang Taruna Munding Sirang menampilkan Drama Musikal Sejarah Desa Ciwaru dari mulai berdirinya wilayah Ciwaru hingg pada masa Perpindahan Keresidenan Cirebon ke Desa Ciwaru dan juga Perang Ciwaru. (Nars/Rilis)

Diberdayakan oleh Blogger.