Ads Top

Tiga Parpol di Kabupaten Kuningan Bentuk Koalisi Indonesia Bersatu 

KUNINGAN - Tiga ketua partai politik di Kabupaten Kuningan, Asep Setia Mulyana (Partai Golkar), Uba Subari - Partai Amanat Nasional (PAN) dan Toto Taufikurrahman Kosim (Partai Persatuan Pembangunan/PPP), bertemu dalam agenda Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Partai Golkar yang digelar Ahad (28/8).

Dalam agenda tersebut mereka sepakat membangun satu koalisi yang dinamakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk perhelatan Pilpres 2024 nanti.


Pertemuan ini disebut-sebut sebagai reunian ketiga pimpinan parpol ini. Betapa tidak, Toto Taufikurrahman sebelum memimpin partai berlambang ka'bah di Kabupaten Kuningan, Ia pernah menjadi pengurus di partai berlambang pohon beringin ini.

"Pak Haji Uba juga pernah jadi kader terbaik Golkar di jamannya," ujar Ketua DPD Partai Golkar Kuningan, Asep Setia Mulyana saat agenda Deklarasi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Kabupaten Kuningan.

Ibarat peribahasa, kedatangan dua orang ketua parpol ini (PAN dan PPP), kata Asep Armala, sapaannya, adalah sejauh-jauhnya bangau terbang akhirnya ke kubangan juga.

"Artinya sejauh-jauhnya mereka pergi, akhirnya kembali ke rumah besar mereka juga," sebutnya disambut tepuk tangan peserta Rakorda.

Dalam agenda Rakorda ini, ketiga parpol sepakat untuk membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menjelang perhelatan Pemilu Presiden 2024 nanti, sebagaimana pimpinan parpol masing-masing di pusat.

"Semoga koalisi yang dibangun hari ini akan berkelanjutan hingga Pilkada Kuningan nanti," harapnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kuningan, Uba Subari, dengan senyuman khasnya menyambut baik pembentukan KIB ini.

"Alhamdulillah kita dipersatukan dalam KIB (Kuningan Indonesia Bersatu) atau kalau kata Saya, koalisi ini bisa disebut Kuningan Ingin Berubah," kata Uba sambil tersenyum, disambut gelak tawa hadirin.

Ia pun berharap koalisi ini tidak sebatas pada Pilpres saja, tapi bisa berlanjut ke Pilkada Kuningan 2024 nanti.

Hal yang searah dikatakan Ketua DPC PPP Kuningan, Toto Taufikurrahman Kosim saat deklarasi ini. Ia pun mengaku kangen berada di ruangan kantor DPD Golkar Kuningan.

Toto juga menyapa sesepuh DPD Golkar Kuningan, H Momon Rochmana. Ia menyebut, Momon juga merupakan sesepuh di PPP Kuningan.

"Untuk target raihan jumlah kursi di Pileg 2024 nanti, kalau Golkar ingin 10 kursi, begitu juga PAN, maka PPP ingin 11 kursi," ujarnya.

Toto juga sepakat jika KIB akan berlanjut ke Pilkada Kuningan nanti 

Terpantau Deklarasi KIB yang digelar di Kantor DPD Golkar Kuningan ini dihadiri ratusan pengurus parpol dengan khas warna kuning tersebut.


Hadir juga Ketua DPD Golkar Jawa Barat, TB. Ace Hasan Syadzily yang berharap agar Partai Golkar Kuningan bisa jadi pemenang baik di Pemilu Legislatif, Pilpres maupun Pilkada Kuningan 2024 nanti.

"Kuningan ini kan sudah punya khas warna Golkar, kuning. Jadi Golkar Kuningan harus menang, karena punya sejarah pernah menang 10 kursi di Pemilu 2009 lalu," terang TB Ace Hasan Syadzily. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.