Ads Top

Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda 

KUNINGAN - Tim Pengendalian dan Evaluasi Pencapaian Program dan Target RPJMD 2018-2022 Pemda Kuningan, Kamis (25/8) mendatangi kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) di Jalan Aruji Kartawinata.
Bappenda merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang keenam yang dikunjungi Tim Evaluasi sebagai pembinaan agar capaian OPD tersebut bisa memenuhi target sesuai RPJMD pada masa pemerintahan Bupati Acep Purnama/Wakil Bupati Ridho Suganda.

Pertemuan berlangsung selama dua jam lebih yang dihadiri tim evaluasi lengkap.
Usai pertemuan, Wabup M Ridho Suganda, sebagai pengarah Tim menjelaskan, Bappenda merupakan OPD yang berperan sebagai urat nadi jalannya pemerintahan.
"Jika dalam satu tubuh urat nadinya macet, maka aliran darahnya juga akan terhenti juga," ujarnya.
Maka, kata Wabup, pemerintah daerah harus bisa memastikan apakah personil di Bappenda ini bisa menjalankan tugas dengan baik atau tidak.
"Karena mungkin ada beberapa bidang, beberapa item yang belum tercapai. Namun ini bukan lantas ada anggapan kelemahan dalam tubuh Bappenda," terangnya.
Beberapa item yang belum tercapai tersebut, imbuh Wabup, diakibatkan karena ada objek-objek pajak yang memang sulit untuk dikoordinasikan dan dikomunikasikan.
"Hal itu harus jadi bahan bagi Bappenda untuk lebih efektif dalam bekerja dan lebih bisa dikoordinasikan dengan beberapa objek yang dianggap sulit tersebut," kata Edo, sapaannya.
Bappenda, sebutnya, butuh mengefektifkan lagi kinerja dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi dan digitalisasi agar hambatan yang bersumber dari keterbatasan SDM bisa diatasi.
"Mudah-mudahan kedepan Bappenda punya terobosan lain agar semua OPD penghasil PAD bisa bertanggungjawab dalam pencapaian pendapatan daerah," tandasnya.
Wabup menyoroti, saat ini memang masih ada beberapa OPD yang belum berkoordinasi dengan baik bersama Bappenda dalam hal pemasukan retribusi daerah.
"Bappenda harus lebih keras lagi bekerja dari yang sebelumnya," tutup Wabup.
Sementara, Kepala Bappenda Kuningan, Guruh Irawan Zulkarnaen menanggapi bahwa evaluasi yang dilakukan oleh Tim yang dipimpin Sekda Kuningan ini bisa memberikan arah yang baik kepada OPD agar bisa bergerak lebih cepat kedepannya seperti yang diharapkan.
"Saya menyambut baik evaluasi-evaluasi seperti ini. Jadi kita ada yang ngageuingkeun (mengingatkan-red), ada yang ikut memikirkan Bappenda seperti apa. Sehingga apa yang sudah baik bisa terus diperbaiki dan yang masih kurang juga bisa diperbaiki kedepannya," papar mantan Camat Kramatmulya ini.

Hingga Kamis (25/8), atau pekan keempat, Tim Pengendalian dan Evaluasi Pencapaian Program dan Target RPJMD 2018-2022 sudah menyambangi 6 OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Keenam OPD tersebut adalah Disporapar, DPUTR, DPKPP, Dishub, Disnakertrans dan Bappenda Kuningan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.