Ads Top

Ada Percikan Api dari Mesin Bearing, Pabrik Kayu Lapis di Desa Susukan Terbakar

Petugas Damkar Kuningan padamkan api di Pabrik Pengolahan Kayu Lapis Jati Welas, Selasa (20/9/2022)

KUNINGAN - Diduga akibat adanya percikan bunga api dari mesin bearing, sebuah pabrik pengolahan kayu di Desa Susukan, Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, terbakar hebat. Percikan api langsung menyambar sekam (bubuk) kayu yang berada di sekitarnya, dan api pun semakin membesar karena hembusan angin.


Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kuningan yang tiba di lokasi 15 menit paska peristiwa kebakaran, butuh waktu 2 jam 40 menit untuk memadamkan api.


Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti, dalam keterangan persnya menyebutkan Pabrik Pengolahan Kayu bernama "Jati Welas" itu milik seorang pengusaha, Asep Syaripudin.


Pemilik pabrik yang pertama kali melihat adanya percikan api, kata Khadafi, berusaha memadamkan api dengan apar dibantu oleh karyawannya.


Diterangkan, peristiwa kebakaran bermula saat pemilik melakukan pengawasan terhadap  proses pengolahan kayu. 


"Saat mendekati mesin produksi yang bersebelahan dengan pembuangan serbuk pengolahan kayu, terlihat ada percikan api dari mesin bearing (pengepresan)," ungkapnya.


Karena khawatir api semakin membesar, imbuh Khadafi, maka pemilik pabrik langsung melaporkan peristiwa kebakaran tersebut ke markas Damkar Kuningan,



Ia menerangkan, penyebab kebakaran diduga berasal dari adanya baud yang aus dan terjadi gesekan besi pada mesin bearing yang menimbulkan percikan bunga api.


Karena cepatnya penanganan, pemilik pabrik tak sampai mengalami kerugian yang cukup besar. Hanya satu set mesin pengepresan dan serbuk kayu yang terbakar dengan total kerugian tertaksir Rp 5,6 juta. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.