Ads Top

Arung Surakatiga ke-25 Digelar Sukses, Panitia Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Sungai

Sejumlah peserta nampak sumringah ikuti Arung Surakatiga ke-25, pada Ahad (25/9)

KUNINGAN -.Agenda massal Arung Surakatiga yang digelar oleh Himpunan Olahraga Simpang Empat (HOLS) Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan, kembali digelar pada Ahad (25/9/2022). 


Agenda tersebut merupakan agenda arung jeram rutin tahunan yang digelar HOLS. Untuk tahun 2022 ini, pelaksanaan Arung Surakatiga merupakan yang ke-25 kalinya.


Wakil Bupati Kuningan, M Ridho Suganda saat melepas para peserta arung jeram mengucapkan terima kasih kepada panitia yang sudah melestarikan kegiatan ini.



"Arung Surakatiga harus tetap terlaksana karena melalui kegiatan ini, bisa menjalin silaturahmi antar warga dan juga ada rasa memiliki terhadap sungai (saluran air) Surakatiga," ungkap Wabup.


Selain sebagai bentuk olahraga, imbuhnya, Arung Surakatiga juga sebagai wahana hiburan, sekaligus momentum untuk melestarikan lingkungan.


"Sungai Surakatiga ini sangat besar manfaatnya dalam menunjang kehidupan masyarakat, makanya kita wajib melestarikan dengan merawat dan menjaganya dari kerusakan ataupun pencemaran air," kata Edo, sapaannya. singkat Wabup.

Klik pada video untuk menyaksikan:


Sementara, ketua panitia penyelenggara, Yogi Indra Okgiana, menyebutkan kegiatan Arung Surakatiga yang ke-25 diikuti sebanyak 1.850 peserta, yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Kuningan.


“Untuk memberikan susana yang nyaman kepada para peserta dalam mengikuti kegiatan ini, sebelumnya, kami telah melakukan kegiatan kebersihan disepanjang saluran irigasi Surakatiga," jelasnya.


Pihaknya mengajak kepada masyarakat agar tetap menjaga kebersihan air Sungai Surakatiga dengan tidak melakukan kegiatan yang mencemarinya. 



Turut hadir pada pembukaan kegiatan Arung Surakatiga yang ke-25, Camat Kuningan Didin Bahrudin, S.Sos., M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kuningan, Lurah Winduhaji Nana Sumarna, serta undangan lainnya.


Terpantau pada kegiatan tersebut, animo masyarakat terlihat besar, baik untuk ikut sebagai peserta maupun yang ingin menonton secara langsung di sepanjang kiri-kanan aliran sungai.


Arung jeram massal ini menempuh jarak sekira 4 kilometer. Peserta dilepas dari bendungan di Kelurahan Citangtu dan berakhir di Kelurahan Winduhaji.


Panitia Arung Surakatiga menyediakan banyak hadiah termasuk hadiah utama satu unit sepda motor, ditambah barang elektornik lainnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.