Ads Top

Bantu Ekonomi Warga Setempat, BPNT di Desa Ciherang tak Pakai Supplier Luar

Pembagian BPNT di Desa Ciherang libatkan pengusaha lokal, Sabtu (24/9/2022)

KUNINGAN - Banyaknya isu adanya pemotongan bantuan dan pengurangan kuantitas barang pada Bantuan Pangan Non Tunai di Kabupaten Kuningan, dipastikan tidak terjadi di Desa Ciherang, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.


Dengan tujuan menangkal isu miring tersebut, Pemerintahan Desa Ciherang, tokoh masyarakat, pemuda dan salah seorang Anggota DPRD Kuningan pituin Desa Ciherang, Susanto, melakukan terobosan pada pembagian BPNT ini.


Untuk kali pertama, mereka mencoba memberdayakan pengusaha penyedia barang lokal asli Desa Ciherang sebagai penyuplai aneka barang yang terdapat pada BPNT ini.



Mulai dari beras, kacang hijau, buah-buahan, ayam, telur dan daging ayam, semuanya disediakan oleh para penyedia barang lokal.


"Kita bagi-bagi, intinya memberdayakan para pedagang lokal, seperti pemilik pemotongan ayam, pedagang beras dan sembako asal Ciherang semua dilibatkan sebagai supplier," ucap Sutandi pengusaha Toko Risa, koordinator para pedagang yang menghimpun barang untuk bantuan warga.


Terobosan melibatkan para pedagang lokal pada program BPNT ini, imbuhnya, untuk menampung keluhan para pedagang. Di saat turunnya bantuan berupa BPNT, para pedagang lokal mengeluh sepi pembeli, akibat barang-barang bantuan tersebut tidak berasal dari dalam desa.


"Jika melibatkan pedagang lokal, kan ini berarti perekonomian masyarakat setempat akan tetap hidup," ujarnya, Sabtu (24/9/2022).


Lagi pula, sebut Sutandi, karena pihaknya mengenal para pedagang penyedia barang-barang ini, maka kuantitas dan kualitas barang pun bisa dipertanggungjawabkan.


"Untuk timbangannya kami tekankan harus benar, jangan seperti isu di tempat lain ada yang dikurangi. Juga untuk kualitas barangnya harus bagus, ayamnya ayam segar contohnya," kata Tandi.


Pihaknya pun rela mengganti saat ada penerima bantuan yang barangnya tidak bagus.


"Contohnya tadi ada telur yang pecah, kita langsung ganti," tandasnya.


Pada pembagian BPNT Desa Ciherang untuk Bulan Agustus ini, terdapat sejumlah 574 penerima bantuan.


Pelaksanaan pembagian bantuan terlihat tertib dan masyarakat penerima bantuan nampak antusias antri secara tertib.


Untuk isi bantuan yang dibagikan berisi beras 10 kg, kacang hijau 1/2 kg, telur 1/2 kg, Buah Pear 3 pcs dan ayam 1 kg. 



Terpisah, Asisten Daerah 2 Setda Kuningan, Ukas Suharfaputra, saat dikonfirmasi perihal BPNT yang melibatkan pengusaha lokal ini mengaku sangat mendukung.


"Bagus itu, dengan melibatkan pengusaha lokal otomatis perputaran uang akan tetap berada di desa tersebut. Maka perekonomian masyarakat setempat juga ikut terbantu," ujar Ukas. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.