Ads Top

Besok Hari Jadi ke-42 Desa Cisantana, Ada Agenda Apa Saja?

Lingkungan Desa Cisantana dilihat dari ketinggian 

KUNINGAN - Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, sebuah desa yang banyak dikenal dengan kekayaan wisata alamnya ini, pada Kamis (29/9/2022) besok, akan memasuki usia ke-42. 

Pada peringatan Hari Jadi ke-42 Desa Cisantana ini akan digelar aneka kegiatan, diantaranya, upacara adat, deklarasi Desa ODF, Bazar UMKM, festival seni dan pagelaran wayang golek.

Kepala Desa Cisantana, Ano Suratno, saat ditemui di kantor desa setempat, Rabu (28/9) memaparkan, rangkaian kegiatan peringatan "Milangkala ka-42 Desa Cisantana" ini akan digelar selama 3 hari, mulai Kamis (29/9).


"Kegiatannya mulai besok, selain upacara adat, deklarasi Desa ODF, bazar, dan festival seni dan wayang golek, ada juga pembacaan sejarah berdirinya Desa Cisantana," tutur Ano.

Jika melihat dasar hukum berdirinya Desa Cisantana, imbuhnya, desa ini resmi jadi wilayah administratif desa dan mendapatkan SK Penetapan menjadi Desa, pada 29 September 1980.

"Desa Cisantana merupakan pemekaran dari Desa Puncak sedangkan Dusun Palutungan yang tadinya berdiri sendiri akhirnya bergabung juga dengan Desa Cisantana," ungkap Ano.

Agenda peringatan Milangkala ke-42 Desa Cisantana ini, digelar dengan tujuan menghimpun seluruh komponen masyarakat agar bersatu padu mewujudkan tujuan pembangunan desa yang maju. 

Kepala Desa Cisantana, Ano Suratno


"Tema peringatan Milangkala ke-42 Desa Cisantana adalah Cisantana Ngahiji, Cisantana Kahiji. Ini berarti mewujudkan persatuan seluruh warga desa untuk menuju Desa Cisantana yang unggul," ujarnya.

Adapun, melalui peringatan Hari Jadi Desa Cisantana ini juga, ucapnya, dimaksudkan untuk mengedukasi sejarah kepada masyarakat khususnya generasi muda. Juga agar masyarakat mengenal siapa saja leluhur pendiri desa ini. 

"Selain itu agar masyarakat tahu juga batas-batas wilayah desa dan potensi desa mulai dari sumberdaya alam, potensi budaya lokal dan keseniannya," tambah Ano. 

Disamping banyak hal tersebut, tentunya, kata Ano, agenda Milangkala ke-42 Desa Cisantana ini juga merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas anugerah yang diberikan kepada Desa Cisantana.

"Kami tidak tahu persis bagaimana perjuangan para leluhur kita untuk mewujudkan wilayah desa bisa seperti saat ini," ungkapnya.


Kades Ano melihat antusiasme masyarakat menyambut agenda besar Desa Cisantana ini sangat tinggi. Terbukti walau dengan persiapan yang terbilang cukup singkat, sejak selesainya Peringatan Hari Jadi ke-524 Kuningan, hingga hari ini, semua komponen masyarakat kompak mempersiapkan apa yang akan dilaksanakan pada puncak Milangkala ke-42 Desa Cisantana. 

Untuk diketahui, agenda Milangkala ke-42 Desa Cisantana akan dipusatkan di Halaman Desa Cisantana mulai Kamis (29/9) besok. 

Banyak tokoh masyarakat dan pejabat yang telah menyampaikan ucapan selamat atas diperingatinya HUT ke-42 Desa Cisantana ini. Diantara tokoh yang mengucapkan selamat adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, Kepala Ditjen PPKL KLHK, Sigit Reliantoro, dan banyak tokoh lainnya. 

Selamat Milangkala ke-42 Desa Cisantana, semoga bisa tampil sebagai desa yang berprestasi, maju di segala bidang pembangunan serta masyarakat yang sejahtera. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.