Ads Top

Kebakaran Hutan Ciremai masih berkobar, Senin (26/9) malam

KUNINGAN - Setelah sempat dikabarkan padam, pada Ahad (25/9/2022),  kebakaran lahan hutan di lereng Gunung Ciremai kembali membara. Bahkan, hingga Senin (26/9) malam api disebutkan masih berkobar dan meluas ke wilayah lain.



"Blok Erpah dan Cileutik masih dilakukan pemadaman," terang Kabalai TNGC, Teguh Setiawan pada Senin malam.


Dari beberapa visual upaya pemadaman api di beberapa unggahan warga di berbagai platform media sosial, nampak petugas gabungan masih berjibaku menaklukkan Si Jago Merah.


Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, Senin malam menyebutkan, masih ada beberapa titik api yang menyala.


"Masih dalam penanganan. Ada sekitar 167 personel MPA, TNGC. Sementara tim BPBD (Senin malam) balik kanan," katanya.


Ia mengungkapkan juga situasi di lokasi kebakaran masih dinamis.


Kalak BPBD Indra menambahkan dari pengalaman pihaknya di lapangan, meski berjuang melawan api, para petugas yang terlibat harus mengutamakan keselamatan personel. 


"Kami sempat kesulitan pada saat turun. Kebetulan tim BPBD ada di posisi cukup  dalam, antisipasi meminimalisir sebaran ke arah ke arah atas. Arah karang dinding," katanya.



Masih kata IB, sapaannya, pertimbangan situasi malam, dan posisi api berada di titik lerengan terjal,  logistik menipis akibat sejak pagi melakukan penyisiran, maka petugas BPBD pada Senin malam keluar dulu dari lokasi.


"Kita sementara balik kanan. Bergantian dengan tim lain," ujarnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.