Ads Top

Dukung Sport Tourism, 85 Pelari Tangguh Meriahkan BPBD Kuningan Open Trail Run 2022

Puluhan pelari meriahkan Lomba Trail Run yang digelar BPBD Kuningan, Ahad (18/9) di OW Lempong Balong, Kawasan BTNGC Kuningan.

KUNINGAN - Sejumlah 86 pelari tangguh dari berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Kuningan ikut memeriahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan Open Trail Run Pelari Tangguh 2022 yang digelar di Obyek Wisata Alam Lempong Balong, Blok Palutungan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, pada Ahad (18/9).


Ketua panitia lomba, yang juga Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, disela kegiatan mengungkapkan, pelaksanaan lomba ini bertolak dari upaya optimalisasi kegiatan olahraga, membudayakan olahraga guna meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang sehat dan bugar.

"Ada 4 tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini, diantaranya adalah optimalisasi pengenalan olahraga tantangan dan rekreasi," ujar IB, sapaannya.

Tujuan lain, imbuhnya, adalah untuk mencari atlet unggulan, menunjang pariwisata dan sport tourism serta mendongkrak perekonomian umum di sekitar tempat penyelenggaraan lomba.

Lomba lari di lereng Gunung Ciremai ini terbagi ke dalam 2 kelas yakni 20 kilometer dan 6 kilometer.

"Pesertanya terdiri dari atlet profesional dan umum dari berbagai kalangan usia," terangnya.

Meski baru pertama kali diselenggarakan, Trail Run yang digelar BPBD Kuningan ini mendapat banyak dukungan baik dari unsur pemerintah, BUMD maupun dari pihak swasta.

"Kami harapkan kegiatan ini bisa digelar secara rutin untuk kedepannya," ujar IB.

Dari hasil lomba trail run ini didapatkan nama-nama atlet yang lolos juara, yakni untuk kategori 20 km putra, juara pertama diraih oleh Arief Wismoyono ( catatan waktu 1:57:16), kedua, Sobiri Haerudin (2:02:23) dan yang ketiga adalah Daniel Lubis Jensen (2:18:56).

Sedangkan untuk kelas 20 kilometer putri, juara pertama adalah Afhni Noviana (3:07:15), kedua, Andika Anindhita (3: 50:58) dan Rianti Widyakasih (DNS). Rianti tidak berhasil mencapai finish sehingga juara untuk 20 km putri ini hanya ada 2 atlet.


Kemudian untuk kategori 6 km putra, juara pertama, Muhammad Fahri Zulhami (0:32:31), diikuti Robet Imansyah (0:34:10) dan Rian Hardiyana (0:37:17) di posisi ketiga.

Dan kategori 6 km putri, Habibah Sifa Fauziah (0:47:15) di posisi pertama, lalu, Dipa Triandinj (1:05:07) posisi kedua dan juara ketiga diraih Desi Rahayuningsih (1:08:27). (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.