Ads Top

Hari Ketiga Karhutla Ciremai, Api Meluas ke Blok Batuluhur dan Batu Panjara

Salah seorang petugas sedang melakukan upaya pemadaman di Blok Batu Panjara, Kawasan lereng Gunung Ciremai, Selasa (27/9)

KUNINGAN - Peristiwa kebakaran hutan dan lahan di kawasan lereng Gunung Ciremai memasuki hari ketiga. Kobaran api muncul di Blok Pajaten, Batu Luhur dan Batu Panjara, yang masuk ke wilayah Administratif Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuninga, pada Selasa (27/9/2022).



Bersumber dari data kaji cepat BPBD Kuningan, disebutkan, pada Selasa pagi sekira pukul 08:00 WIB, kepulan asap tebal terlihat di Blok Pajaten.


Api kemudian terlihat meluas ke arah selatan, tepatnya ke Blok Batuluhur dan ke arah timur (Blok Batu Panjara).


" Api mengarah mendekati Jalan Raya Pasawahan - Padabeunghar pada Selasa pagi," terang Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana, dalam kaji cepatnya.


Sementara, pagi itu juga, petugas BTNGC melakukan melakukan mop up dan penyisiran lahan bekas kebakaran di Blok Tegal Bodas dan Mangun Tapa.


"Penyisiran selesai dilaksanakan dan api (di Blok Telaga Bodas dan Mangun Tapa) dinyatakan padam pada pukul 14.30 WIB," kata IB sapaannya. 


Disebutkannya lagi, Selasa pagi, tim gabungan diturunkan untuk melakukan penanganan kebakaran di lokasi Blok Batu Luhur dan Batu Panjara.


"Jumlah Tim Gabungan sekira 170 personel melakukan upaya pemadaman menggunakan perlengkapan 3 unit kendaraan pemadam kebakaran dari Kebun Raya Kuningan dan UPTD Damkar," terangnya.


Diikutsertakan juga perlengkaoan yang terdiri dari 4 kendaraan angkut personel dari BTNGC serta peralatan Jet shooter, selang/pipa air, Parang, Cangkul dan perlengkapan lainnya.


"Api di Blok Batu Luhur dapat dipadamkan pada pukul 14.00 WIB," jelas IB.


Adapun upaya pencegahan meluasnya api yang sudah hampir melintas ke Jalan Raya Pasawahan - Padabeunghar terus dilakukan dengan menyiagakan 3 Randis Damkar. Upaya tersebut dinyatakan selesai setelah api dinyalakan padam sekira pukul 18:49 WIB.


"Rabu (28/9) besok rencananya kita akan mop up dan penyisiran kembali," kata mantan Camat Subang ini.



Sebelumnya, Kabalai TNGC, Teguh Setiawan, pada Selasa (27/9) pagi mengungkapkan pihak TNGC saat ini masih fokus ke pemadaman api 


Untuk luasan lahan yang terbakar, BTNGC belum menyampaikan terlebih dahulu sebelum penanganan api benar-benar tuntas. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.