Ads Top

Katar Desa Cilaja Punya Ketua Baru

Pasca pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Cilaja, semua pihak bersatu dukung ketua baru laksanakan programnya lima tahun kedepan.

KUNINGAN - Karang Taruna Mekar Muda Desa Cilaja, sukses menggelar pesta demokrasi di organisasi mereka. Hasilnya,  Fikron Lutfi Arif  mendapatkan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai Ketua untuk masa bhakti 2022-2027.


Musyawarah Warga Karang Taruna Mekar Muda digelar di Gedung Serbaguna desa setempat, pada Sabtu (24/9) malam. 

Pada agenda tersebut terlihat antusiasme pemuda pemudi Cilaja cukup tinggi untuk menyalurkan haknya memilih Calon Ketua Karang Taruna yang baru. 

Mengawali persidangan, pimpinan sidang, Mumuh Muhyiddin yang juga Ketua Karang Taruna Kecamatan Kramatmulya ini membacakan Tata Tertib yang dirancang panitia pemilihan dan langsung disetujui peserta sidang beserta para kandidat Ketua. Dilanjutkan dengan memperkenalkan 4 Calon Ketua Karang Taruna Cilaja, hasil penjaringan panitia. 

Mereka adalah Yusuf Hisyam (Gocong) dari Kampung Wage, Iyan Alpian SPd (Oyang) dari Perum Griya Karimah Kampung Manis, Fikron Lutfi Arif (Arif) dari Kampung Puhun, dan Evah Soolihah dari Kampung Kaliwon. Mereka pun diberikan waktu masing-masing 5-7 menit untuk memaparkana visi misinya secara singkat. 

Suasana semakin seru, saat digelar sidang Pleno 2, pemilihan calon Ketua. Berdasarkan kesepakatan bersama, maka mekanisme pemilihan dilakukan secara pemungutan suara / voting. 

Sebanyak 122 peserta musyawarah melakukan pencoblosan pada kertas suara yang disiapkan di bilik suara.

Proses Demokrasi layaknya Pemilu Kepala Daerah / Pilkades ini baru pertama kali dilaksanakan di Desa Cilaja.


Suasana tegang mewarnai penghitungan dan pencatatan perolehan suara, karena terjadi saling kejar antara kandidat nomor 1 (Yusuf Hisyam), 2  (Iyan Alpian) dan 3 (Fikron Lutfi Arif). 


Alhasil, Fikron Lutfi Arif berhasil mengungguli suara dari 3 kandidat lainnya. Menariknya lagi, suara Arif hanya lebih satu suara dari Iyan (Orang). Arif meraih sebanyak 38 suara, sedangkan Oyang 37 suara di posisi kedua. Sementara Yusuf Hisyam meraih 35 suara di posisi ketiga, dan Evah meraih 9 suara. Suara tidak sah ada 3, sehingga jumlah keseluruhan suara sebanyak 122.


Presidium sidang langsung menetapkan Arif sebagai Ketua terpilih Karang Taruna Cilaja Masa Bhakti 2022-2027 dalam berita acara. 

Mereka berempat pun telah sepakat untuk bersama-sama memajukan Karang Taruna Cilaja, sehingga keempatnya akan masuk dalam struktur kepengurusan. 


Saat diwawancara, Arif menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para pemuda pemudi Cilaja beserta seluruh elemen yang hadir, yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Karang Taruna Cilaja 5 tahun ke depan. 


"Terima kasih kepada semua pemuda pemudi desa Cilaja, khususnya yang telah memilih saya. Saya berharap pemuda pemudi Cilaja akan lebih banyak lagi dalam mengembangkan potensinya," harap pria lulusan IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini. 


Arif mengajak untuk bersama-sama mengembangkan potensi-potensi yang ada di Cilaja, dari mulai keagamaan, sosial, ekonomi, budaya, dan politik. Ia meyakini dan telah menginventarisir segala potensi tersebut ada pada diri banyak pemuda pemudi di Cilaja. 

Sementara, Kepala Desa Cilaja, Diding, menyampaikan, acara tersebut dilakukan untuk pemilihan Ketua sekaligus membentuk kepengurusan baru Karang Taruna Cilaja. Ia berharap, dengan proses pemilihan yang demokratis, maka akan timbul generasi muda Cilaja yang lebih baik lagi ke depan. (Nars/rls)

Diberdayakan oleh Blogger.