Ads Top

Kawasan BTNGC Kembali Terbakar, Hingga Petang Belum Padam

Kawasan BTNGC Kembali Terbakar, Hingga Petang Belum Padam, Ahad (25/9)

KUNINGAN - Lahan di kawasan hutan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) kembali terbakar pada Ahad (25/9/2022) siang. Kali ini api membara di sekitar Blok Jalan Maling yang berada di wilayah Kecamatan Pasawahan.


Bersumber dari laporan petugas BPBD Kuningan, peristiwa kebakaran lahan terjadi sejak siang hari sekira pukul 12:30 WIB.



"Iya kepulan asap atau titik api pertama kali terlihat pukul 12.30 WIB," kata Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangannya.


Saat ini BPBD Kuningan, imbuhnya, sudah berkoordinasi dengan petugas BTNGC dan Forum Ciremai. Hingga berita ini ditulis, mereka bersama anggota TNI, POLRI, MPA Pasawahan dan Relawan sedang melakukan upaya pemadaman.


"Kebakaran masih dalam penanganan, luasan belum diketahui. Api mulai menuju ke Blok Karang Dinding," ucap IB sapaannya.


Terpisah, Kepala BTNGC, Teguh Setiawan, saat dikonfirmasi Ahad malam membenarkan peristiwa kebakaran lahan di kawasan BTNGC.


"Iya Kang, rekan-rekan (petugas) TNGC dan MPA lagi berjuang (memadamkan api) di atas," terang Teguh.


Berdasarkan laporan petugas BTNGC, disebutkan, api menyebar ke arah bawah (Blok Cileutik) dan ke arah atas menuju (Blok Karang Dinding) menjadi beberapa titik.


Saat ini ada sekira 25-50 personil yang tersebar di sekitar lokasi kebakaran lahan tersebut. Mereka adalah dari unsur BPBD, TNGC, MPA, TNI, POLRI, dan Relawan.



Melihat potensi penyebaran kebakaran, disebutkan lagi, ada kemungkinan masih membutuhkan personil tambahan.


Hingga berita ini ditulis, titik api masuk penanganan dari Blok Cileutik - Pasawahan. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.