Ads Top

Pendaftaran Panwascam Ditutup Hari Ini, Ada Kecamatan Belum Terpenuhi Kuota 30% Keterwakilan Perempuan

Koordinator SDMO Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan, Ikhsan Bayanullah

KUNINGAN - Koordinator SDMO Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kuningan, Ikhsan Bayanullah, menyebutkan Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Selasa (27/9/2022) ditutup. Namun begitu, untuk beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30% keterwakilan perempuan, direncanakan akan terus dibuka pendaftaran hingga tanggal 8 Oktober 2022.


"Ya ada beberapa kecamatan yang belum terpenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan, (khusus) kecamatan ini akan diperpanjang hingga 8 Oktober," terang Ikhsan saat ditemui disela agenda perekrutan tenaga Panwascam di Kantor Bawaslu, Selasa (27/9).

Adapun pasca penutupan penerimaan berkas pendaftaran hari ini, pihaknya akan melakukan penelitian kelengkapan pemberkasan hingga 30 September.

Dikatakannya, jika melihat animo masyarakat yang datang mendaftarkan diri untuk diterima jadi Tenaga Panwascam, pihaknya mengaku animo masyarakat sangat besar untuk terlibat pada pengawasan Pemilu 2024 mendatang.

"Per hari ini (hingga saat istirahat pukul 12:00 WIB) jumlah pendaftar sudah mencapai 610 orang. Target yang akan diterima adalah 3 orang per kecamatan, sehingga totalnya 96 orang yang akan diterima," katanya.

Ikhsan menerangkan untuk jadwal pengumuman siapa yang diterima sebagai tenaga Panwascam di Bawaslu Kuningan, jika melihat ketentuan, yakni pada 25 Oktober mendatang.

Setelah semua berkas pendaftaran diterima, panitia akan melakukan penelitian berkas administrasi hingga 11 Oktober. Kemudian, hasil penelitian berkas tersebut akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober.

Selanjutnya, para pendaftar yang berkasnya lolos, akan mengikuti tahapan test tertulis (14-16/10). Hasil test tertulis ini akan diumumkan pada 17 Oktober.

"Lalu, akan ada test wawancara pada 18-22 Oktober, dan pleno penetapan calon anggota Panwascam pada tanggal 23-24 Oktober," katanya.

Kemudian, pada tanggal 25 Oktober akan diumumkan hasil test wawancara. Dan, tanggal 26-28 Oktober akan digelar pelantikan dan pembekalan anggota Panwascam.


Sementara, Komisioner Bawaslu Jabar, Herminus Koto, yang datang meninjau pelaksanaan perekrutan calon tenaga Panwascam pada Selasa (27/9), mengaku bangga atas besarnya animo masyarakat untuk menjadi bagian dari pengawas Pemilu.

"Kita apresiasi, hampir di tiap kota/kabupaten di Jabar untuk penerimaan calon tenaga Panwascam tahun ini ada peningkatan dari periode sebelumnya," terangnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.