Ads Top

Rayakan HUT ke-62 UUPA, Kantah Kuningan Siap Berantas Mafia Tanah

Jajaran pegawai Kantor Pertanahan Kuningan berpose bersama dengan seragam barunya di Hari Agraria dan Tata Ruang 2022, Senin (26/9)

KUNINGAN - Para pegawai Kantor Pertanahan Kuningan, Kementerian ATR/BPN, Hari Senin (26/9/2022) merayakan Hari Ulang Tahun ke-62 Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) bersamaan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU).

Tema HANTARU tahun 2022 adalah "Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh".


Ada yang menarik pada pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-62 UUPA ini. Terlihat para pegawai Kantor Pertanahan Kuningan mengenakan seragam baru yang mulai diterapkan sejak pergantian menteri ATR BPN dari Sofyan Jalil ke Hadi Tjahjanto.

Seragam baru yang ada tambahan baret warna hitam dengan emblem logo ATR/BPN ini dikenakan para pegawai Kantah Kuningan secara kompak.

"Ya, ini seragam kita yang baru, ada baretnya," kata Kepala Kantah Kuningan, Surahman, saat berbincang dengan kuninganreligi.com, Senin (26/9).

Pada momentum HUT ke-62 UUPA Ini, imbuhnya, Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto, menekankan 3 sasaran kerja yang harus dilakukan.

"Arahan Pak Menteri kita sedang melakukan percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," kata Surahman.

Kemudian, poin kedua yang ditekankan adalah komitmen kami dalam menyelesaikan sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria serta pemberantasan Mafia Tanah.

"Kita tegas melawan segala bentuk praktik mafia tanah. Karena pelakunya tidak menutup kemungkinan ada dari internal ATR/BPN sendiri, " tandasnya.

Untuk di wilayah Kabupaten Kuningan, Surahman, menyebutkan hingga saat ini tidak ditemukan hal-hal yang mengarah pada praktik mafia tanah.

Selanjutnya, poin ketiga yang diamanahkan Menteri ATR/BPN adalah adanya dukungan pada percepatan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Berbicara soal PTSL, Surahman, menyebutkan, untuk Kantah Kuningan mendapat tugas penyelesaian sertifikasi tanah 90 ribu unit.

Jumlah tersebut setelah mendapat penambahan 15 ribu PTSL dari sebelumnya 75 ribu.


"Kita targetkan, penyelesaian PTSL ini selesai pada Bulan Desember tahun ini," kata Surahman.

Pada rangkaian HUT ke-62 UUPA, dan HANTARU ini Kantah Kuningan juga menggelar kegiatan lomba berbagai cabang olahraga dan Tasyakur bi Nikmah yang menghadirkan penceramah H Oban Sobani. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.