Ads Top

Festival Barzanji 5 digelar di pendopo Bupati Kuningan 

KUNINGAN - Sebanyak 20 grup dari perwakilan SMA/SMK/Madrasah Aliyah sederajat se-Kabupaten Kuningan mengikuti Festival Barzanji ke-5 yang digelar Fatayat Nahdlatul Ulama bekerjasama dengan Pemda Kuningan.

Agenda ini dilaksanakan Rabu (19/10/2022) pagi di Pendopo Bupati Kuningan, Jalan Siliwangi Kuningan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Kesra Setda mempersilahkan panitia penyelenggara Festival Barzanji untuk menggunakan Pendopo sebagai lokasi lomba baca sejarah Nabi Muhammad SAW ini.

"Alhamdulillah Pak Bupati mempersilakan kami menggunakan Pendopo sebagai lokasi lomba, karena pendopo ini milik masyarakat Kuningan juga," ujar Ketua Fatayat NU Kuningan, Dadah Samrotil Fuadah saat berbincang dengan kuninganreligi.com disela kegiatan.

Menurutnya, Festival Barzanji merupakan rangkaian acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan juga Hari Santri Nasional tahun 2022.

"Barzanji merupakan rangkaian syair yang menceritakan sejarah Baginda Rasulullah SAW," katanya.

Maka, imbuhnya, pengenalan sejarah Rasulullah SAW ini kepada generasi muda sangat penting sebagai landasan manusia dalam menapaki kehidupannya.

"Harapannya agar tercipta generasi muda yang berakhlakul karimah dan tidak akan melupakan sejarah. Kehidupan Rasulullah SAW ini bisa jadi uswatun hasanah bagi ummatnya," papar Dadah.

Selain diharapkan hafal, tahu dan fasih membaca sejarah Rasulullah SAW dalam bentuk Barzanji ini, masyarakat juga diajak untuk bisa mengimplementasikan apa-apa yang dicontohkan Nabi Muhammad. SAW.

Sementara, Bupati Kuningan, Acep Purnama dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan Festival Barzanji ini.

"Kalau sebelumnya dilaksanakan bagi para ibu-ibu untuk pertama kali ini digelar dengan peserta dari para pelajar / generasi muda," kata Bupati.

Hal itu, ujarnya, sejalan dengan visi Pemda Kuningan yang ingin mewujudkan masyarakat yang agamis dalam setiap sendi kehidupan.

Pada kesempatan tersebut hadir perwakilan Pengurus Wilayah Fatayat NU Jawa Barat, yang merasa bangga atas terselenggaranya acara Festival Barzanji ini. 

"Jadi ini salah satu program dari porda Fatayat NU Jawa Barat yang punya misi atau memiliki misi dalam mengembangkan dan  mengembangkan kembali potensi-potensi yang ada di Jawa Barat khususnya di kabupaten Kuningan acara ini juga sebagai bukti bahwa kami bergerak," paparnya.

Menurutnya, Fatayat NU Jabar juga melaksanakan program-program yang bisa dikerjasamakan dengan pemerintah daerah di manapun fatayat berada.


Nampak hadir pada pembukaan Festival Barzanji 5 ini, Wakil Bupati Kuningan, Forkopimda Kuningan,  Sekda Kuningan, Ketua PCNU Kuningan dan para sesepuh pondok pesantren. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.