Ads Top

Acil Bimbo: Merawat Aset Kebudayaan Daerah Perlu Konsep yang Jelas

Seniman Jawa Barat, Kang Acil Bimbo berbicara soal pentingnya merawat dan melestarikan budaya lokal 


KUNINGAN - Semarak Bulan Bahasa digelar Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) dalam bentuk Seminar Nasional dengan tema “Budaya Kita”.

Seminar ini dilaksanakan di Gedung Student Center Iman Hidayat, Uniku pada Senin (17/10/2022).

Hadir sebagai pembicara, seorang  budayawan sekaligus Seniman Legendaris Jawa Barat, Rd. Darmawan Dajat Hardja Kusumah, yang didampingi Ketua Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan,  Dodo Suwondo.

Narasumber seminar, vokalis Group Bimbo ini menjelaskan pentingnya merawat dan melestarikan aset budaya lokal.

"Aset beragam kebudayaan di Kabupaten Kuningan sudah cukup baik. Ini perlu dijaga dan dilestarikan," kata pria yang akrab disapa Kang Acil Bimbo ini.

Kedepan, imbuhnya, ragam aset kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Kuningan perlu diangkat untuk dikenalkan kepada masyarakat luas.

"Nah kelemahan kita kebanyakan di sisi konsep. Bagaimana bisa mengangkat aset budaya yang kita miliki ini jika kita tak punya konsep yang jelas," tandasnya.

Kegiatan dialog mempublikasikan bagaimana kita berupaya melestarikan kebudayaan daerah ini, imbuhnya, perlu terus dilakukan pada setiap kesempatan.

"Dialog ini bagus, membicarakan soal budaya jangan hoream. Tidak perlu orang banyak, yang penting punya hasil jelas untuk langkah kedepan dalam rangka merawat aset budaya ini," paparnya. 

Terpisah, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kuningan, Emup Muplihudin, yang juga hadir pada seminar nasional ini, mengatakan pihaknya sudah memiliki banyak program dari sisi kebijakan pemerintah daerah untuk merawat dan melestarikan budaya lokal.

"Jelas, pemerintah sudah punya program ke arah sana," ujarnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.