Ads Top

Bunda PAUD dan Literasi Gandeng PT Erlangga Tingkatkan Literasi di Kabupaten Kuningan


KUNINGAN - Penerbit buku-buku bacaan, PT Erlangga, berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Bunda Literasi dan Pokja Bunda PAUD,  untuk meningkatkan literasi kepada masyarakat di Kabupaten Kuningan.
Salah satunya adalah dengan mengadakan Workshop Belajar Menulis Cerita, bagi para Inohong Se- Kabupaten Kuningan.

"Kegiatan ini adalah dalam upaya meningkatkan keterampilan serta kreatifitas para Bunda Literasi tingkat Kabupaten Kuningan, untuk bisa menulis cerita," kata Istri Bupati Kuningan yang juga sebagai Bunda Literasi, Ika Rahmatika Acep Purnama.

Pada workshop ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Penerbit Erlangga, dan ForumTBM Kabupaten Kuningan.

"Diharapkan dari workshop ini para Inohong dan pengajar PAUD se-Kuningan bisa membuat banyak cerita tulisan yang tidak mustahil bisa  kita bukukan untuk bahan yang melengkapi rak-rak buku di masyarakat," papar Ika.

Sementara, perwakilan PT Erlangga untuk wilayah Jabar, Subekti, melihat geliat literasi dan mendongeng hampir di seluruh Indonesia memang belum tinggi.

"Untuk mendongeng, menyampaikan cerita, memang bukan hanya di Kabupaten Kuningan, tapi se-Indonesia memang masih rendah. Dari 1000 orang mungkin hanya 1 orang yang bisa mendongeng," papar Subekti.

Tapi, untuk perihal literasi, untuk Kabupaten Kuningan, pihaknya melihat sudah makin membaik khususnya untuk di wilayah Jawa Barat.

"Kami selalu mendukung upaya-upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan literasi ini kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan, termasuk workshop seperti ini," katanya.

Pihaknya mengaku membawahi 16 kabupaten/kota se Jabar yang mendapat tugas membangun geliat literasi dengan membuat cerita berbentuk tulisan.

"Meski sudah marak digitalisasi kami juga ikut beradaptasi dengan membuat e-book yang bisa diunduh oleh pembaca melalui website," sebutnya.  (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.