Ads Top

Diresmikan Oktober, Ada Apa Saja di Mall Pelayanan Publik DPMPTSP Kuningan?

Deretan tenan di lantai 1 gedung DPMPTSP Kuningan siap melayani warga Kuningan

KUNINGAN - Sesuai amanat Peraturan Presiden nomor 89 tahun 2021, bahwa ada penegasan agar Pemerintah Kabupaten/Kota bisa memadukan pelayanan publik di satu tempat, Pemkab Kuningan segera akan membangun Mall Pelayanan Publik (MPP).


Sebelum dibangun Gedung MPP ini, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kuningan berinisiasi menghimpun gerai-gerai tenan di lantai 1 gedung kantor dinas tersebut.


"Kami mencoba membuat tenan-tenan pelayanan publik di lantai 1 dengan anggaran yang ada," kata Kepala DPMPTSP Kuningan, Agus Sadeli, saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (7/10/2022) kemarin.


Untuk tahap awal, DPMPTSP menghimpun beberapa tenan ini dari instansi pelayanan masyarakat yang bersifat vertikal.


"Seperti dari Keimigrasian, PT Taspen, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, ATR/BPN Kantah Kuningan, dari Samsat, " sebutnya.


Selain itu, imbuhnya, dari tenan lokalnya juga ada, seperti pelayanan Adminduk Disdukcapil, Bappenda, BJB, Disnakertrans, dan lainnya.


Menurut Agus, pihak Kementerian PAN-RB juga telah melakukan survei kelayakan terhadap ujicoba penerapan pelayanan secara bersama (MPP) di DPMPTSP Kuningan.


"Berdasarkan kajian dari kementerian ini untuk di Kabupaten Kuningan diperbolehkan membangun MPP secara permanen," katanya.


Pada prosesnya, akhirnya diputuskan Bulan Oktober ini akan dilakukan peresmian MPP secara bersama oleh KEMENPAN-RB yakni MPP Kuningan dengan MPP Kota Tasikmalaya.


"Rencananya tanggal 12 Oktober ini kedua MPP (Kuningan dan Tasikmalaya) akan diresmikan di Tasikmalaya," ujarnya.


Setelah itu, pada tanggal 13 Oktober ini, sambungnya akan digelar juga sosialisasi kepada masyarakat di Kantor DPMPTSP Kuningan, dengan menghadirkan Forkopimda Kuningan, bahwa di tempat tersebut sudah resmi membuka pelayanan dari berbagai teman untuk membantu masyarakat.


Kedepannya, kata Agus, MPP ini akan terus dikembangkan dengan menggandeng lebih banyak tenan pelayanan masyarakat.


"Alhamdulillah respon masyarakat dengan kehadiran MPP ini sangat tinggi. Buktinya sejak dimulainya pada bulan lalu, sudah ratusan masyarakat memanfaatkan MPP ini untuk memproses administrasi yang mereka butuhkan," paparnya.


Kehadiran MPP ini, katanya, sangat membantu masyarakat. Untuk memproses administrasi yang dibutuhkan masyarakat, mereka tidak perlu wara-wiri ke kantor pelayanan yang jaraknya berjauhan. 


"Seperti untuk layanan keimigrasian, Taspen, BPOM, dan lainnya yang kantor pelayanannya jauh, warga Kuningan tidak perlu lagi ke sana, cukup ke MPP yang ada di DPMPTSP Kuningan," tandasnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.