Ads Top

Gencarkan Literasi Digital, Pemprov Jabar Beri Penghargaan Bupati Kuningan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah

 

Bupati Kuningan, H Acep Purnama didampingi Kadis Kominfo Kuningan, Wahyu Hidayah terima penghargaan Tokoh Literasi Digital Daerah 2022 di Bandung, Sabtu (8/10/2022)

KUNINGAN - Gencarnya Pemkab Kuningan dalam meningkatkan kesadaran dan kecakapan Literasi Digital mendapat apresiasi dari Pemprov Jawa Barat. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, menganugerahkan Penghargaan  Tokoh Literasi Digital Daerah Tahun 2022 kepada Bupati Kuningan Acep Purnama.

Penghargaan  ini diberikan Kang Emil, sapaannya, pada Ajang Festival  Literasi Digital (Viral), di Bandung, Sabtu (8/10/2022).


Pemprov Jabar melalui Kepala Diskominfo Provinsi Jabar, Ika Mardiah, mengatakan, penganugerahan pada ajang Viral ini merupakan bagian Road to west Java Festival. Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kecakapan Literasi Digital di Jawa Barat.

“Kegiatan ini, merupakan bentuk penguatan program literasi digital, monitoring opini, dan aspirasi publik dalam pengelolaan pengaduan masyarakat melalui replikasi Unit Kerja Jabar Saber Hoax di Kabupaten/Kota di Jawa Barat,”katanya.

Disebutkannya, ada beberapa kategori penghargaan yang diberikan dalam agenda Viral ini, diantaranya  Humas Jabar Award, Literasi Digital, Sandikami Award, Jabar Saber Hoaks, Relawan TIK Jawa Barat, dan Lomba Video IJTI.

Mendapatkan penghargaan tersebut, Bupati Acep mengungkapkan prestasi ini tak lepas dari dukungan masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya yang sudah memanfaatkan tranformasi digital.
" Saat ini kita harus mempunyai talenta di bidang digital," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat agar bisa menggunakan media digital secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya.

"Hal ini dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), terangnya,  saat ini telah dapat merubah tatanan kehidupan yang ditransformasikan ke arah digital, seperti  E-Learning, pembelajaran yang memanfaatkan teknologi,  E-Commerce, jual beli.

" Begitu juga dengan  E-Government, penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis elektronik dalam memberikan kemudahan pelayanan. Dan saat ini Pemerintah Kabupaten Kuningan berkomitmen terhadap hal ini melalui Gerakan Kuningan menuju Smart City," papar Bupati.

Sebagai OPD yang memiliki tupoksi dalam hal literasi digital, Diskominfo Kuningan disebutkan akan terus memberikan dorongan akan pentingnya literasi digital dan selalu mengingatkan 4 pilar program literasi digital, seperti Digital Skill, Digital Culture, Digital Safety, dan Digital Ethics.

" Untuk pemanfaatan digital saat ini Kuningan sedang melakukan Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City)," sebut Kadis Kominfo Kuningan, Wahyu Hidayah saat mendampingi Bupati Acep dalam penganugerahan penghargaan ini.


Gerakan ini, imbuhnya, ditujukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi  secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan berbagai tantangan menggunakan solusi inovatif, terintegrasi, dan berkelanjutan dalam  memberikan layanan kepada masyarakat.

" Mengingat dalam mewujudkan Kuningan Smart City merupakan konsep yang holistik dan kompleks maka diperlukan akselerasi melalui kolaborasi antar stakeholders  dengan strategi Collaborative Governance," tutur Wahyu.

Belum lama ini,  ujarnya, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan telah melakukan Penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Kuningan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Kabupaten Kuningan dengan  Stakholder, yang didukung Kementerian RI. (Nars/rls)

Diberdayakan oleh Blogger.