Ads Top

Puncak Hari Santri di Kabupaten Kuningan, Milenial Diajak Kenal Hadroh dan Al Barzanji

Kabag Kesra Setda Kuningan, H Nurjati 

KUNINGAN - Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di Kabupaten Kuningan diisi dengan beragam agenda. Rangkaian kegiatan Peringatan HSN Tahun 2022 di Kabupaten Kuningan sudah dilakukan  mulai Rabu (5/10/2022), dengan digelarnya Diklat SAR Santri di Kuningan Islamic Center.

Kabag Kesra, Setda Kuningan, Nurjati menjelaskan rangkaian agenda HSN 2022 juga akan menggelar Lomba Baca Al Barzanji untuk kalangan pelajar setingkat SMA/SMK dan MA.


"Kita akan gelar lomba baca Al Barzanji ini di Pendopo Kuningan, pada Rabu (19/10) lusa," ucapnya.

Kenapa lomba tersebut digelar di pendopo? Nurjati menambahkan, seijin Bupati Kuningan, Acep Purnama, pihaknya ingin menunjukkan bahwa lingkungan pendopo adalah wilayah terbuka bagi siapapun.

"Kita ingin mengenalkan lingkungan pendopo Kuningan kepada masyarakat, bahwa di sini juga terbuka untuk umum," sebutnya.

Pengenalan Al Barzanji kepada generasi muda terutama generasi z, katanya, sangat penting untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada masyarakat.

"Generasi Milenial perlu mengenal Al Barzanji dan Hadroh, ini bagian dari upaya mengenalkan nilai-nilai agama sejak dini," ujarnya.

Disamping itu, untuk meningkatkan keimanan, ucapnya, bisa dilakukan dengan beberapa hal. Salah satunya dengan prinsip bisa menjaga amanah.

"Keimanan bisa timbul dengan menjaga amanah. Seperti di kalangan pejabat, ASN, pimpinan keluarga, anak sekolah bahkan para santri, dengan menjaga amanah bisa jadi salah satu upaya meningkatkan keimanan," paparnya.

Selanjutnya, upaya lainnya adalah dengan cara meningkatkan amal ibadah, amal sosial, dan berdzikir mengingat Allah.

"Dengan dzikir bisa meluluhkan hati kita supaya tidak tinggi. Juga dengan berpuasa Sunnah," ucapnya lagi.

Selain itu, ummat juga perlu meningkatkan kecerdasan dan kecerdikan berfikir untuk bisa membedakan mana yang baik dan jelek dalam pergaulan dan bisa memilah informasi mana yang benar dan hoax.


"Terakhir, penerapan disiplin dalam setiap sendi kehidupan, juga bisa meningkatkan keimanan kita kepada Sang Pencipta," tandasnya. 

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HSN 2022 di Kabupaten Kuningan juga akan digelar ziarah ke makam para masyayikh, upacara bendera Pucak peringatan HSN dan Istighotsah bersama. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.