Ads Top

Ribuan Warga Kuningan Elu-Elukan Ganjar Pranowo, Sebut Sosok Peduli Budaya

Jajaran relawan Ganjar Pranowo saat membuka Ganjaran Ngabudaya Wayang pada Selasa (18/10/2022) malam

KUNINGAN - Ribuan masyarakat di Kabupaten Kuningan berkumpul di Alun-alun Desa Garawangi pada Senin (17/10/2022) malam untuk menyaksikan gelaran Ganjaran Ngabudaya Wayang. 

Agenda tersebut diselenggarakan oleh gabungan relawan pendukung sosok Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) yang digadang-gadang bakal jadi Capres 2024.

Dalam agenda tersebut, ditampilkan pagelaran Wayang Golek dengan dalang Aan Anjasmara Hamzah HS dari Lingkung Seni Pusaka Aria Kamuning 3. Selain itu tampil juga seorang seniman kawakan Jawa Barat, Acil Bimbo yang datang langsung dari Kota Kembang.


Ketua panitia, Pipin, dalam sambutannya menyebutkan agenda itu dilaksanakan untuk memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai tokoh nasional yang sangat peduli terhadap pelestarian kebudayaan.

"Pak Ganjar lahir dari kalangan derita, latar belakang Beliau bukan dari kalangan orang berada. Namun sosok Beliau sangat pantas untuk memimpin bangsa ini kedepan," katanya.

Berkaca dari perjalanan Presiden Jokowi, yang juga berlatar belakang keluarga biasa saja, sosok Jokowi, imbuhnya, tetap bisa tampil menjadi pemimpin Bangsa.

"Nah, tak mustahil Pak Ganjar pun sangat bisa untuk kita dukung jadi Capres bahkan kita pilih jadi Presiden RI pada Pilpres 2024 nanti, " tandasnya.

Apalagi, sosok Ganjar, sebutnya, sangat peduli pada kearifan lokal dengan tak memandang kebudayaan tersebut dari mana asalnya. 

"Contohnya kesenian tradisional wayang golek, meski dari daerah Sunda, tapi Beliau tetap mencintai dan berupaya melestarikannya," ujar Pipin.

Di tempat sama, Seniman Legendaris Jawa Barat, vokalis Group Bimbo, Raden Darmawan Dajat Hardjakusumah, tampil pada pembukaan Ganjaran Ngabudaya Wayang ini dengan menyanyikan singel Sajadah Panjang, yang sempat populer pada masanya.

Pria yang akrab disapa Kang Acil ini memberikan petuah bijak kepada hadirin untuk tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan di tengah kondisi bangsa yang sedang murung.

"Jangan sampai Indonesia terkenal dengan kejelekannya. Mari kita berkarya yang terbaik untuk bangsa ini," kata Acil.

Ia mengajak masyarakat tetap kompak, jangan sampai tahun politik menjelang Pemilu 2024 nanti menjadi ajang perpecahan.


" Meski prediksi pada tahun politik akan memanas, namun mari kita tetap jaga persatuan. Jangan bawa perbedaan pandangan politik menjadi satu perpecahan dan pertikaian," ajaknya.

Sementara, agenda pagelaran wayang golek yang dibawakan Dalang Aan Anjasmara ini membawakan cerita tentang sosok Semar Badranaya yang merupakan tokoh wayang tertua yang memiliki sikap arif dan bijaksana. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.