Ads Top

Gerobak Cakue Terbakar di Area CFD, Petugas Damkar dan Satpol PP Langsung Lakukan Pencegahan

Petugas Damkar Satpol PP Kuningan lakukan pencegahan kejadian kebakaran sebuah gerobak pedagang di area CFD, Pandapa Paramarta Kuningan, Ahad (13/11/2022)

KUNINGAN - Suasana Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day) pada Ahad (13/11/2022) di sekitar Lapangan Pandapa Paramarta nampak padat pengunjung. Secara kebetulan di lokasi tersebut juga sedang diadakan kegiatan RS Juanda Care Day untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-20 RS Juanda Kuningan.


Suasana sedikit ricuh terlihat di sebelah utara Lapangan Pandapa Paramarta, sekira pukul 8:36 WIB. Dari sebuah gerobak pedagang Cakue nampak asap putih menyembul mengakibatkan para pengunjung CFD bergerak menjauhi gerobak. Mereka khawatir terjadi kebakaran dan ledakan gas dari gerobak tersebut.



Beruntung, empat petugas Damkar dan Satpol PP Kuningan yang sedang melakukan pengamanan kegiatan CFD dengan sigap langsung menghampiri gerobak yang berasap itu.


Salah seorang petugas Damkar langsung membuka pintu gerobak tempat menyimpan kompor gas dan menyemprotkan bubuk kimia dari Apar yang selalu dibawanya setiap tugas pengamanan.


Seketika, api yang sempat membakar kayu bagian dalam gerobak Cakue langsung padam.


Saat dikonfirmasi, Kepala UPT Damkar Kuningan, M Khadafi Mufti membenarkan kejadian hampir terjadinya kebakaran gerobak pedagang di area CFD tadi pagi.


"Iya sudah ditangani petugas dan sedang didata," terangnya singkat.



Sementara, salah seorang petugas Satpol PP Kuningan, Ade Rudianto, saat ditanya kronologi kebakaran gerobak Cakue ini menyebutkan api berasal dari kompor gas yang terciprat minyak dari penggorengan.


"Saat sedang menggoreng, minyak dari wajan ada yang tumpah ke kompor yang sedang menyala. Api langsung menyambar minyak panas ini dan agak membesar di dalam gerobak," jelas Ade.


Beruntung, setiap agenda CFD dan acara-acara yang mengundang keramaian, petugas Damkar selalu dibekali Apar untuk mengantisipasi kejadian kebakaran.


"Butuh sosialisasi agar pedagang melapisi gerobak mereka di bagian dalam oleh semacam seng atau alumunium, agar api dari kompor tidak mudah menyambar kayu gerobak," tuturnya.


Karena kebakaran berhasil diantisipasi, akhirnya kegiatan CFD dan suasana HUT RS Juanda di Pandapa Paramarta ini kembali berlangsung aman dan tertib. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.