Ads Top

Anggota PSNU Pagar Nusa Kuningan melakukan aksi sapu bersih sampah di sepanjang Jalan Siliwangi, Ahad (6/11/2022) kemarin.

KUNINGAN - Seratusan anggota Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kuningan melakukan aksi sapu bersih sampah di sepanjang Jalan Siliwangi Kuningan, pada Ahad (6/11/2022) kemarin.


Agenda bakti sosial bersihkan sampah ini digelar berbarengan dengan kegiatan Hari Bebas Kendaraan (Car Free Day).



Sejak pukul 06:00 WIB pagi, seratusan anggota pencak silat benteng ulama dan pesantren ini sudah berkumpul di area Pandapa Paramarta Kompleks Stadion Mashud Wisnusaputra.


Ketua PSNU Pagar Nusa Kuningan, Wibawa Gumbira, yang langsung turun memberikan komando di lokasi mengatakan, PSNU Pagar Nusa, memiliki komitmen besar untuk kepedulian terhadap lingkungan, termasuk soal kebersihan.


"Kebersihan adalah sebagian dari Keimanan. Maka agenda sapu bersih sampah di area CFD ini kita laksanakan dengan tujuan memberikan sumbangsih PSNU Pagar Nusa pada pemeliharaan lingkungan yang sehat," terang Gugum, sapaannya, kepada kuninganreligi.com.

Selain sebagai komunitas olahraga beladiri yang berbasis NU, Pagar Nusa juga sangat konsen terhadap permasalahan lingkungan.


"Mudah-mudahan kegiatan ini tidak hanya saat ini saja, kedepan semoga kita bisa lakukan lagi," ujarnya.


Pada agenda tersebut para pendekar Pagar Nusa nampak membawa kantong plastik besar dan alat kebersihan lainnya untuk mengambil sampah satu persatu yang ada di sepanjang Jalan Siliwangi.


Mereka bergerak ke arah selatan dan berakhir di halaman Masjid Syiarul Islam Kuningan.


Gugum menambahkan, di musim penghujan ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.


"Apalagi di musim penghujan, biasanya debit aliran sungai meningkat. Kita perlu waspada dini, jika ada sampah kita bersihkan, jangan sampai sungai dan saluran air mampet oleh sampah," ungkapnya.


Dengan melakukan hal sekecil mungkin untuk peduli terhadap lingkungan, diharapkannya, bencana yang tidak diharapkan bisa dihindari sedini mungkin. 



Pada pelaksanaan bersih-bersih sampah ini, digelar juga atraksi unjuk kebolehan para pendekar Pagar Nusa Kuningan di akhir acara. Mereka mempraktekkan keterampilan jurus pencak silat yang digabungkan dengan atraksi yang menarik perhatian warga peserta CFD. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.