Ads Top

Hari Guru Nasional, Bupati Kuningan: Guru Pencetak SDM Generasi Selanjutnya

Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH

KUNINGAN - Setiap tanggal 25 November di Indonesia diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional ini dimaksudkan untuk menghormati, menghargai, mengapresiasi jasa-jasa seorang guru yang telah memberikan pendidikan bagi generasi penerus di Indonesia.



Pada momentum peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ini, Bupati Kuningan, H Acep Purnama berharap para guru bisa tetap semangat dalam memberikan pengajaran dan pendidikan untuk generasi penerus perjuangan bangsa ini 


"Guru merupakan sosok yang patut digugu dan ditiru, sudah sepatutnya memberikan contoh yang baik bagi para anak didik kita," ujar Acep saat menghadiri acara jalan santai di Peringatan HUT PGRI, Kamis (24/11) kemarin.


Menurutnya, guru adalah insan yang bisa menentukan nasib bangsa ini ke depan. Karena guru adalah sosok pencetak kualitas sumberdaya manusia dari generasi muda penerus perjuangan dan pembangunan di negara ini.


"Kami berharap PGRI sebagai organisasi tempat bernaungnya profesi para guru ini untuk bisa mempersatukan para guru dalam sebuah kebahagiaan saat bertugas," harapnya.


Untuk diketahui organisasi PGRI merupakan perkembangan dari organisasi sebelumnya yakni Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada jaman penjajahan Belanda (tahun 1912).


Organisasi tersebut berdiri untuk memperjuangkan nasib para guru saat itu untuk mendapat kesejajaran dan berhasil megeser satu per satu peran orang Belanda yang mengajar di sekolah-sekolah yang berdiri saat itu.



Pada tahun 1932 PGHB berubah menjadi PGI (Persatuan Guru Indonesia). Kemudian pada seratus hari sejak diproklamasikan kemerdekaan RI (25 November 1945) dideklarasikan berdirinya PGRI sebagai organisasi induk tempat berhimpun para guru. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.