Ads Top

Seorang warga membantu pengendara sepeda motor yang mogok akibat adanya genangan air di sepanjang Jalan Cut Nyak Dien Cijoho Kuningan, Kamis (24/11/2022) petang. (foto: BPBD Kuningan)

KUNINGAN - Limpasan air dari Sungai Ciweri yang melintas di sekitar Jalan Cut Nyak Dien penghubung Kelurahan Winduhaji dan Kelurahan Ciporang, Kecamatan Kuningan pada Kamis (24/11/2022) petang menjadi penyebab banjir di sepanjang jalan tersebut.


Air Sungai Ciweri ini meluap karena tersumbat oleh sampah. Sehingga luapan air mengalir ke badan jalan Cut Nyak Dien dan berdampak pada terendamnya sejumlah rumah milik warga dan kolam ikan.



Tim kaji cepat BPBD Kuningan dalam hasil asesment-nya pada Kamis malam menyebutkan sedikitnya ada 16 unit rumah yang terendam banjir dari luapan Sungai Ciweri.


Keenam belas rumah tersebut berada di RT 2 RW 2 Lingkungan Manis Kelurahan Cijoho Kecamatan Kuningan.


Selain itu ada juga satu unit mushola dan 8 buah kolam ikan milik warga ikut terdampak dari bencana banjir pada Kamis petang tadi.


Setidaknya ada tiga titik Genangan air setinggi 20 hingga 40 cm di sepanjang Jalan Cut Nyak Dien ini.


Genangan air di sepanjang jalan tersebut mengakibatkan sejumlah pengendara sepeda motor terpaksa harus mendorong kendaraan roda duanya karena terkendala di bagian mesin.



Petugas Damkar Kuningan, BPBD bersama sejumlah warga setempat berupaya untuk membersihkan Sungai Ciweri dari sumbatan sampah yang mengakibatkan luapan air.


Dilaporkan hingga pukul 20.00 WIB genangan air sudah kembali surut dan arus lalu lintas normal kembali. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.