Ads Top

Tumpukan kasur tempel yang terbakar Ahad (13/11) siang di Desa Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus 

KUNINGAN - Jangan buang puntung rokok sembarangan, apalagi yang masih menyala dan ada bara apinya. Karena bara api dari puntung rokok bisa menjadi malapetaka saat menyentuh bahan yang sangat mudah terbakar. 


Seperti malapetaka yang dialami Rehan (42 tahun) warga Blok Pahing Desa Bandorasa Wetan Kecamatan Cilimus, pada Ahad (13/11/2022) siang tadi.



Saat bekerja merapikan kasur yang baru diturunkan dari mobil, ternyata puntung rokok yang baru dihisapnya, tak disadari jatuh di tempat yang salah.


"Ya puntung rokok yang saya buang jatuh di tumpukan kasur bagian bawah dan tak terlihat saat kasur ditumpuk," ujar Rehan seperti yang ditirukan oleh Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti dalam keterangan persnya Ahad petang.


Lama-kelamaan, bara puntung rokok yang terselip diantara tumpukan kasur tempel itu akhirnya membakar kain dan busa bahan kasur. Asap tebal pun menyembul dan api mulai membesar.


Rehan pun panik, dan terus berupaya memadamkan api dengan alat seadanya.


Dibantu sopirnya, akhirnya mereka berdua berhasil memadamkan api dengan air yang diambil dari saluran irigasi setempat.


Sayang, aksi memadamkan api yang dilakukan Rehan dan sopirnya tak bisa menyelamatkan 5 buah kasur tempel yang ludes terbakar. Tak hanya itu, bangunan tempat usaha dan kusen pintu geser, serta 1 unit sepeda motor jenis Yamaha Mio pun ikut terbakar.


"Kerugian akibat peristiwa kebakaran yang dialami Pak Rehan ini ditaksir sebesar Rp 7,5 juta," jelas Khadafi.


Saat menerima laporan, dan menerjunkan petugas Damkar ke lokasi kebakaran, api sudah berhasil dipadamkan saksi yang dibantu sopirnya.


Namun, petugas yang diterjunkan tetap melakukan penyemprotan air untuk mengantisipasi masih adanya bara api di antara tumpukan kasur tempel tersebut.



Sebelumnya, peristiwa kebakaran juga terjadi pada sebuah gerobak pedagang Cakue di area CFD Pandapa Paramarta, Ahad (13/11) pagi.


Petugas Damkar Kuningan dengan sigap langsung memadamkan api pada gerobak yang terbakar tersebut dan lapak Cakue itu berhasil diselamatkan.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.