Ads Top

Ratusan Seniman Kuningan Turun ke Jalan, Gelar Aksi Sosial untuk Cianjur

Gabungan Komunitas Seniman se-Kabupaten Kuningan Galang Bantuan untuk warga Cianjur yang terdampak gempa bumi, di ruas Jalan Kadugede, Ahad (27/11)

KUNINGAN - Ratusan seniman se-Kabupaten Kuningan turun ke jalan, pada Ahad (17/11/2022). Mereka berkumpul di Alun-alun Desa/Kecamatan Kadugede sejak pagi hari. Sebuah panggung pun didirikan untuk penampilan mereka.


Kehadiran ratusan seniman yang dikomando oleh Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Kabupaten Kuningan ini rupanya dalam rangka aksi sosial menghimpun bantuan dari masyarakat dan para pengguna Jalan Raya Kadugede untuk disalurkan kepada warga Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi beberapa waktu lalu.



Ketua Panitia Penghimpunan Bantuan dari PAMMI Kabupaten Kuningan, Iyud Agus Ramdan, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk empati sesama untuk membantu warga Cianjur yang terdampak bencana.


"Kebetulan rekan-rekan satu profesi, sesama seniman di Cianjur, tercatat ada 20 orang yang terkena musibah," ujarnya.


Dikatakannya, selain PAMMI ada juga beberapa komunitas seniman lainnya yang ikut bergabung dalam kegiatan penggalangan dana bantuan tersebut.


"Jumlah seniman yang hadir hari ini ada sekira 200 orang. Mereka kompak hadir dari berbagai komunitas seniman bukan hanya dari PAMMI saja," sebutnya.


Kehadiran mereka di Alun-alun Kadugede ini, imbuhnya, mendapatkan dukungan juga dari aparat kepolisian dan pemerintah desa setempat.


Pihaknya merencanakan kegiatan penggalangan dana ini digelar di 6 titik seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Dalam sepekan, direncanakan akan digelar dua kali kegiatan penggalangan dana.


"Keenam titik ini adalah di Kadugede, Ciawi, Oleced, Cilimus, Cirendang dan Luragung," rincinya.


Untuk sementara waktu pihaknya hanya menghimpun bantuan dalam bentuk uang agar bisa segera disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.


"Mungkin ke depannya bisa dalam bentuk pakaian layak pakai, bahan makanan dan bantuan lainnya. Saat ini hanya berbentuk uang, karena kita gerak cepat supaya bantuan cepat disalurkan," paparnya. 



Kegiatan penggalangan dana untuk korban terdampak gempa bumi Cianjur yang dilakukan para seniman ini mendapat apresiasi dari pejabat Disdikbud Kabupaten Kuningan.


Kepala Seksi Kesenian Sejarah dan Tradisi, Disdikbud Kuningan, Rio Anto Permana Saputra yang ikut dalam aksi penggalangan dana tersebut mengatakan kegiatan sosial para seniman merupakan bentuk kepedulian kepada sesama.


"Para seniman tidak hanya menghibur namun mereka juga pasti punya rasa empati dan kemanusiaan terhadap sesama," ujarnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.