Ads Top

Tebing Longsor, 1 Rumah Warga Terancam, Ruas Jalan Otista Menuju Desa Cibinuang Ditutup Sementara

 

Tebing setinggi 10 meter longsor dan menutupi jalur Jalan Otista Kuningan menuju Desa Cibinuang atau di Blok Liang Panas pada Kamis (24/11) malam

KUNINGAN - Hujan deras yang terjadi Kamis (24/11/2022) siang hingga petang tak hanya mengakibatkan luapan air sungai yang menggenangi rumah warga, kolam, mushola dan jalan raya. 


Hujan dengan intensitas tinggi sore tadi juga mengakibatkan tebing di Kampung Liang Panas Dusun Manis Desa Cibinuang Kecamatan Kuningan longsor. 


Dua titik longsoran terpantau Kamis malam oleh Tim Asesment BPBD Kuningan.


Dalam kaji cepatnya, Pusdalops BPBD Kuningan menyebutkan dua titik longsoran tebing ini memiliki volume panjang 7 meter, lebar 3 meter dan tinggi 3 meter yang mengancam satu unit rumah warga berpenghuni 6 jiwa.



Sedangkan di titik lain tebing longsor menutupi ruas penghubung Jalan Otista Menuju Desa Cibinuang dengan volume panjang 10 meter tinggi 10 meter dan lebar 4 meter.


Akibatnya ruas jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda 2 maupun 4 dan otomatis jalur pun ditutup sementara.


"Jumat (25/11) besok menurut rencana aparat desa beserta masyarakat akan membersihkan material longsoran secara swadaya," tulis kaji cepat Tim BPBD Kuningqn, Kamis malam.



Sementara, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan, M Khadafi Mufti menjelaskan untuk sementara jalur jalan menuju Liang Panas sampai dengan Desa Cibinuang belum bisa dilalui kendaraan.


"iya, ,jalur jalan ditutup, kemungkinan pembersihan metrial longsoran harus mwnggunakan peralatan berat ( back hoe)," ungkapnya. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.