Ads Top

Dua Titik Tebing Longsor di Desa Margabakti, Bangunan Rumah Warga Tertimbun

Satu rumah warga di Desa Margabakti Kecamatan Kadugede tertimbun longsor pada Kamis (08/12) sore. (Foto: Kades Margabakti)

KUNINGAN - Hujan deras disertai angin kencang terjadi Kamis (08/12/2022) sore menimbulkan bencana longsoran tebing di Desa Margabakti, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.


Sejumlah 2 titik longsor tebing terjadi di desa setempat. Dari kejadian bencana longsor ini, ruas jalan penghubung Desa Margabakti menuju Desa Bunigeulis, Kecamatan Hantara tertimbun material tanah.



Kepala Desa Margabakti, Asep Sewi Barata, saat dihubungi kuninganreligi.com menjelaskan dari 2 titik longsoran ini, 1 titik yang berlokasi di Dusun Puhun, sudah dilakukan pembersihan material longsoran oleh warga secara gotong royong.


"Untuk 1 titik lagi, karena cuaca tidak memungkinkan dan situasi sudah petang, baru akan dilakukan pembersihan besok oleh warga," katanya.


Ditambahkannya, untuk titik yang belum dibersihkan tersebut, material longsoran tanah menimbun satu bangunan rumah milik warga. Volume longsoran, diperkirakan sepanjang 8 meter.


Bangunan umah yang tertimbun longsor tersebut adalah milik Pasutri Hendi/Euis. Mereka tinggal bersama 4 orang anaknya. Sehingga jumlah penghuni rumah tersebut ada 6 orang.


"Kita juga sangat mengkhawatirkan longsoran ini akan merobohkan seluruh bangunan rumah ini. Makanya penghuni rumah tersebut sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman, di rumah sanak keluarganya," papar Kades Asep.


Hingga Kamis petang, diungkapnya, akses jalan dari Desa Margabakti menuju Kecamatan Hantara sudah bisa dilalui kendaraan. 


Namun pihaknya menghimbau agar pengguna jalan bisa berhati-hati karena di akses jalan tersebut dikhawatirkan akan terjadi longsoran lagi sewaktu-waktu.



Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, belum mengeluarkan keterangan lengkap terkait kejadian bencana tebing longsor di Desa Margabakti ini.


"Sementara kami masih memonitor dan mengumpulkan data serta akan dilakukan asesment,' katanya.


Selain di Desa Margabakti, bencana juga terjadi di Desa Gewok, Kecamatan Garawangi dan Desa Pinara, Kecamatan Ciniru pada Kamis sore.(Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.