Ads Top

Imbas Bom Bunuh Diri Polsek Astanaanyar, Ini Antisipasi yang Dilakukan di Mapolres Kuningan

Seorang petugas melakukan pemeriksaan kendaraan warga yang akan masuk lingkungan Mapolres Kuningan dengan alat metal detektor, Rabu (07/12/2022) siang

KUNINGAN - Imbas dari peristiwa Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, penjagaan diperketat di lingkungan Mapolres Kuningan. Hal ini terlihat mulai Rabu (07/12/2022), di pintu masuk menuju Mapolres Kuningan beberapa petugas melakukan pemeriksaan terhadap warga yang akan masuk halaman Mapolres.


Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda, melalui Wakapolres Kompol Syamsul Bagja Bakhtiar, saat dikonfirmasi awak media, Rabu siang menyebutkan, pasca aksi Bom Bunuh Diri di Polsek Astanaanyar, pihaknya melakukan penjagaan seperti biasa bagi warga yang akan masuk ke lingkungan Mapolres dan Mapolsek di lingkungan Polres Kuningan.



"Standar Operasional Prosedur penjagaan tetap kita lakukan, seperti pemeriksaan kendaraan, termasuk barang bawaan yang masuk ke halaman," katanya.


Meski begitu, pihaknya tetap mengedepankan nilai-nilai humanis pada proses pemeriksaan warga yang akan masuk ke wilayah kantornya itu. Hal ini menurutnya, sebagai bagian dari pelayanan terhadap masyarakat.


Pihaknya tidak menyanggah jika kejadian di Polsek Astanaanyar pada Rabu pagi tadi membuat SOP pemeriksaan di pintu masuk Mapolres lebih diperketat.


"Untuk di Polsek-polsek, sebelum ada kejadian Astanaanyar pun kami terus memberikan himbauan terkait penjagaan Mako, kesiapan anggota dan senjata sekiranya nanti diperlukan," terang Wakapolres Kuningan.


Untuk pengawasan dan pengendalian terkait penjagaan lingkungan Mako ini, sebutnya, tetap dikendalikan dari Polres.


Pihaknya mengaku meski ada pengetatan penjagaan, tidak ada pembatasan pelayanan terhadap warga yang ingin berkunjung ke lingkungan Mapolres untuk keperluan mereka.


"Tidak ada pembatasan, namun pemeriksaan dilakukan lebih terperinci hanya saja tetap kita lakukan secara humanis," katanya lagi.


Sejauh ini pihaknya tidak melihat ada hal-hal yang mencurigakan dari setiap warga yang masuk ke halaman Mapolres. 


"Mudah-mudahan tidak terjadi lah di Mapolres Kuningan. Juga di tempat manapun," ujarnya.


Untuk diketahui,  Rabu (07/12/2022) pagi, sekira pukul 08:30 WIB, aksi diduga teror bom terjadi di wilayah Polsek Astanaanyar Bandung.



Sebuah ledakan dipastikan oleh Polri adalah ledakan Bom pada Rabu pagi tadi dan diduga sebagai aksi bom Bunuh diri.


Kapolda Jawa Barat, Inspektur Jenderal Suntana menyebutkan ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.


Selain pelaku, seorang anggota polisi juga dikonfirmasi meninggal dunia pada peristiwa ledakan tersebut. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.