Ads Top

Satu Rumah di Desa Susukan Rusak Sedang Akibat Getaran Gempa Bumi di Kuningan

Petugas BPBD Kuningan menunjukkan kerusakan di sebuah rumah warga di Desa Susukan akibat gempa bumi yang terjadi pada Kamis (22/12/2022) pagi

KUNINGAN - Satu unit rumah milik Maman Daiman (55 tahun) warga Dusun Kliwon Desa Susukan Kecamatan Cipicung, Kabupaten Kuningan, mengalami kerusakan pasca terjadi bencana gempa bumi pada Kamis (22/12/2022) pagi.


Disebutkan dalam kaji cepat pihak BPBD Kuningan pada Kamis siang, kekuatan Mag:3.8, yang berpusat di 1 km sebelah Barat Daya Kabupaten Kuningan dengan kedalaman 5 Km, mengakibatkan rumah milik warga Desa Susukan ini retak-retak dan miring di bagian dinding.



"Aparat desa setempat sudah berkoordinasi dengan Aparat Kecamatan, TNI, POLRI, dan
BPBD Kuningan untuk penanganan selanjutnya," terang Kalak BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana.


Pihaknya telah menurunkan Team Assessment ke lokasi rumah yang terdampak gempa.


Terpisah, Kades Susukan, Toto Ciptarasa, menyebutkan, pihaknya sudah melakukan himbauan agar rumah tersebut tidak ditinggali terlebih dahulu, karena kondisinya mengkhawatirkan.

Baca juga:



"Pemilik rumah sementara diungsikan di rumah kerabatnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan," terang Kades Toto.


Sebelumnya diberitakan, Sebagian warga Kuningan di beberapa wilayah merasakan terjadinya guncangan gempa berkekuatan magnitudo 3,8 pada Kamis (22/12) pagi sekira pukul 04:18 WIB.


Seperti yang disiarkan akun resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) RI, menyebutkan, gempa bumi ini berkekuatan M=3,8. Episenter terletak pada koordinat 6.99 LS dan 108.48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km Barat Daya Kabupaten Kuningan pada kedalaman 5 km. 



"Jenis dan Mekanisme Gempabumi: dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal setempat, " terang Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto, pada penjelasannya, Kamis pagi.

Seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Kuningan dikabarkan merasakan getaran gempa bumi pada Kamis pagi tadi. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.