Ads Top

Setelah Desa Sukaimut, Seluruh Desa di Kecamatan Garawangi Bisa Deklarasi ODF di Tahun 2023

Kepala Desa Sukaimut menandatangani Deklarasi ODF disaksikan Bupati Kuningan, Selasa (27/12/2022)

KUNINGAN - Bupati Kuningan, Acep Purnama, hadir bersama Kepala Dinas Kesehatan, Susi Lusiyanti, pada agenda deklarasi ODF (Open Defecation Free/ Stop Buang Air Besar Sembarangan) di Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi, Selasa (27/12/2022). 


Di depan para Kades se-Kecamatan Garawangi, Bupati mengatakan, Deklarasi Stop Buang Air Besar di sembarang tempat atau ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa. Saat ini Pemkab Kuningan, melalui Dinas Kesehatan sedang mengejar target agar seluruh desa bisa mendeklarasikan ODF.



"Masyarakat desa dengan kemandiriannya diharapkan mampu merubah perilaku menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya dengan tidak buang air besar sembarangan," terang Bupati.


Dengan deklarasi ODF ini, imbuhnya,  awalnya masyarakat  buang air besar di sembarang tempat, menjadi buang air besar di jamban yang sehat.


Hal ini merupakan bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan, sehingga acara ini dapat menjadi role model untuk desa dan kecamatan lain di wilayah Kabupaten Kuningan.


Sementara, Camat Garawangi, R Imam Reapdiantoro, menyebutkan, di Kecamatan Garawangi sudah ada 2 desa yang mendeklarasikan ODF, yakni Desa Pakembangan dan Desa Sukaimut.


"Kita targetkan tahun depan seluruh 17 desa di Kecamatan Garawangi bisa ODF semua," katanya.


Berbagai upaya sudah dilakukan pihaknya bersama pemerintahan 17 desa kepada masyarakat agar bisa merubah pola hidup sehat dengan tidak BAB sembarangan.


Terpisah, Kades Sukaimut, Uka Sukarno, menyampaikan, hasil verifikasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, bahwa masyarakat Desa Sukaimut sudah berkomitmen untuk tidak BAB sembarangan.



"Memang masih ada 5 titik yang belum tuntas memiliki saluran pembuangan dari toilet ke tempat yang seharusnya. Namun pada Januari 2023 kita harapkan mereka sudah punya pembuangan ke septic tank yang seharusnya, " paparnya.


Deklarasi ODF di Desa Sukaimut ini dihadiri juga oleh seluruh kepala desa yang ada di Kecamatan Garawangi. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.