Ads Top

 

Bagan simulasi pengamanan pelaksanaan Tour de Linggarjati yang digelar pada apel siaga kesiapan personel, di Pandapa Paramarta, Kamis (15/12)

KUNINGAN - Pelaksanaan Event Tour de Linggarjati (TDL) ke-6 akan digelar selama 3 hari, yakni mulai Jum'at (16/12/2022) hingga Ahad (18/12/2022). Ratusan pesepeda direncanakan akan ikut memeriahkan agenda berskala internasional ini.


Pada pelaksanaannya, kegiatan balap sepeda ini akan dilaksanakan di beberapa ruas jalan protokol di Kabupaten Kuningan. Bahkan untuk beberapa kelas yang dilombakan, para pembalap akan melintasi jalanan di sejumlah 109 desa yang termasuk di 22 wilayah kecamatan.



Pada apel siaga kesiapan pengamanan dan penertiban jalur TDL ini, Kapolres Kuningan, AKBP Dhany Aryanda, melalui Kasat Lantas, AKP Vino Lestari, mengatakan dalam 3 hari pelaksanaan TDL akan dilaksanakan rekayasa lalu lintas.


Hal ini untuk memprioritaskan jalur bagi para peserta TDL agar tidak mendapatkan hambatan.


"Pada 3 hari pelaksanaan TDL ini, untuk rekayasa lalu lintas sudah kita siapkan. Pada prinsipnya kita memprioritaskan pergerakan para peserta lomba," kata AKP Vino.

Kasat Lantas Polres Kuningan, AKP Vino Lestari 

Namun, imbuhnya, ada beberapa titik yang tidak ditutup 'mati' (secara paten). Sifatnya, penutupan jalur yang akan dilakukan adalah situasional.


"Bila sudah dilintasi para peserta TDL, maka akan kita buka kembali," ucapnya.


Kemudian, untuk simpul-simpul yang terdapat keramaian masyarakat, pihaknya sudah berkoordinasi dengan panitia yang akan memasang rambu-rambu tambahan guna membatasi pergerakan masyarakat.

Baca juga:



Khusus untuk wilayah sekitar Taman Kota Kuningan, yang akan ada banyak kegiatan selama 3 hari, pihaknya juga akan melakukan penutupan jalan.


"Jadi kita harapkan masyarakat untuk bisa tahu lebih awal, bahwa di seputaran Taman Kota akan ada penutupan jalan," tandasnya.



Sehingga pada Hari Sabtu dan Ahad dimana masyarakat biasa melakukan aktivitas lalu lintas di seputaran Taman Kota agar bisa menghindarinya dulu. 


"Jika eskalasi padat, kita akan tutup dari Bundaran Cijoho, ataupun di sekitar SMPN 1 Kuningan," ujarnya.


Rekayasa lalu lintas ini, sambung Vino, akan mulai dilakukan pada Jum'at (16/12) malam hingga usainya pelaksanaan TDL, tergantung lokasi dan kondisi keramaian pada kegiatan tersebut. (Nars)

Diberdayakan oleh Blogger.